Bagaimana Cara Terhindar Dari Anemia Bagi Ibu Hamil

Bagaimana Cara Terhindar Dari Anemia Bagi Ibu Hamil

Ketika kehamilan tiba ibu harus mengetahui segala hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang janin mulai dari nutrisi dan perkembangan didalam yang berjalan sampai 9 bulan. Banyaknya sel darah merah digunakan dalam pembentukan janin. Nah ini sangat berpengaruh besar untuk anda yang punya riwayat anemia sebelum kehamilan. Apa saja penyebab dari anemia? Banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang bisa mengalami anemia, diantaranya karena pola makan yang tidak seimbang, ini dikarenakan karena penolakan makan dan nafsu makan yang menurun, seharusnya khusus ibu hamil sangat memperlukan asupan dan nutrisi yang sehat demi tumbuh kembang janin.

Dan kali ini kami akan membahas bagaimana cara terhindar dari anemia bagi ibu hamil karena tentunya lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan? Hal yang harus di waspadai jika anda ibu hamil yang ingin mempunyai keturuan dengan waktu yang cepat, karena ini di khawatirkan akan beresiko tinggi mengalami anemia karena cadangan zat besi lebih cepat di gunakan sebelum anda pulih dari kehamilan sebelumnya. Dan untuk anda yang sudah hamil pada usia muda juga beresiko mengalami stress yang cukup tinggi dan ini akan membuat anda mengalami tekanan. Tapi jangan berfikir bahwa hamil muda membahayakan, untuk itu sekarang anda bisa mengatasinya dengan mencari banyak informasi menarik.

Khusus untuk wanita zat besi dan vitamin sangat di butuhkan justru memperbanyak asupan vitamin dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan sangat perlu. Pada umumnya anemia ini adalah hal yang wajar di alami selagi itu masih mengalami gejala yang ringan. Ketika ibu hamil mengalami tidak nafsu makan ini perlu diwaspadi kalau anda mengalami cirri-ciri anemia, tentu ketika asupan makan bermasalah anda tidak nafsu makan berpengaruh pada stamina anda tubuh akan menjadi lemas, dan mudah sakit atau terkena infeksi, secara tiba-tiba pandangan berkunang-kunang, beberapa bagian tubuh seperti kuku, wajah, kelopak mata dan bibir tampak pucat. Ketika anda mengalami sesak nafas dan merasakan jantung tidak enak ini perlu di waspadai dan segera konsultasikan ke dokter.

Perlu di ketahui anemia sangat berbahaya jika di biarkan bagi ibu hamil, ini akan menyebabkan bayi lahir premature, keguguran, bayi lahir cacat dan sebagainya. Banyak hal yang akan terjadi bagi tumbuh kembang janin dan juga untuk kesehatan anda ibu hamil. Berikut ini ada beberapa cara untuk anda terhindar dari anemia :

  1. Tingkatkan konsumsi makanan yang biasa anda makan contohnya : daging merah, ikan dan sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan telur.
  2. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin c untuk membantu penyerapan zat besi seperti jeruk, stoberi, kiwi dan tomat.
  3. Pilihlah makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti sayuran berdaun hijau, roti, sereal, kacang, dan salmon.
  4. Susu dapat membantu meringankan gejala anemia.
  5. Jangan lupa konsultasikan ke dokter apapun yang anda rasakan .
  6. Pemeriksaan darah perlu anda lakukan demi mengetahui seberapa jauh tingkat anemia yang anda alami, dan juga dokter akan mengatahui penyebabnya apa saja yang menyebabkan anda anemia.

So tetap sehat dan jangan lupa semangat mencegah anemia yang mungkin akan anda rasakan.

Reply