Bagaimana Caranya Mempercepat Pembukaan Persalinan

Bagaimana Caranya Mempercepat Pembukaan Persalinan

Anda salah satu bunda yang sudah memasuki tahap terakhir dari kehamilan atau trimester ketiga. Pastinya semua bunda merasakan yang namanya tidak sabar mau melihat buah hati yang selama ini ada dikandungan membuat penasaran. Pada tahapan akhir ini pastinya anda sudah bisa memprediksi atau memperkirakan hari kelahiran bayi. Namun banyak sekali yang terjadi hari-hari yang dinanti perkiraan lahir yang sudah dibicarakan ternyata belum kunjung terjadi juga.

Kini HPL pun sudah berlalu berhari-hari dari prediksi. Namun seperti buah hati anda masih nyaman didalam perut / bisa dibilang males keluar. Namun ini adalah hal yang dikhawatirkan karena pastinya kita takut adanya kelainan pada kehamilan anda. Dalam hal ini pastinya dokter akan memberi batas waktu dari keterlambatan proses persalinan pada kehamilan anda. Nah banyak juga persoalan anda sudah mengikuti saran dan anjuran dari dokter namun si kecil belum juga mau keluar, lalu bagaimana caranya untuk mengatasinya?

Pas banget karena kami akan membahasnya yaitu tentang mempercepat pembukaan persalinan yang semua ibu pasti harus tau dan menginginkan demi keselamatan ibu dan bayi.

  1. Meditasi

Cara mempercepat pembukaan pada proses persalinan yang pertama yaitu dengan metode meditasi. Cara ini dinilai sangat efektif untuk sebuah treatment dan menstimulus kontraksi pada kehamilan. Hal ini bisa membuat tubuh anda menjadi lebih rileks. Usahakan untuk anda berada diteras rumah atau sebuah ruangan yang tenang dan tidak ada gangguan. Hilangkan dahulu ketegangan yang menggangu fikiran anda, stress beban fikiran semua dihilangkan. Jikalau tidak menyebabkan kontraksi maka teknik ini sangat membantu anda untuk merasa lebih baik dan lebih siap menghadapi proses persalinan.

  1. Teknik akupresur

Selanjutnya anda bisa lakukan untuk menstimulus kontraksi atau mempercepat pembukaan yaitu dengan teknik akupresur, perlu anda ketahui bahwa ditubuh manusia terdapat dua titik yang bisa merangsang proses persalinan atau kontraksi. Titik pertama terletak pada ibu jari dan jari telunjuk dan lebarnya sekitar 4 jari. Selain itu ada titik pada bagian kulit diantaranya ibu jari-jari telunjuk. Untuk mengaktifkan titik-titik tersebut maka harus dilakukan dengan ahli akupresur yaitu dengan mengusap betis ataupun menjepit dekat ibu jari dalam gerakan memutar selama kurang lebih 60 detik. Dan teknik ini bertujuan untuk merangsang kontaksi dan mempercepat pembukaan. Namun harus dilakukan dengan ahlinya dan jangan sembarangan karena bisa membahayakan kandungan.

  1. Birthing balls

Dengan melakukan ini bisa merangsang bayi untuk menuju jalan lahir, dengan demikian maka secara tidak langsung akan merangsang kontraksi dan mempercepat proses pembukaan jalan lahir. Namun dalam melakukan latihan ini harus berhati-hati dan dipadu dengan instruktur yang sudah berpengalaman dibidangnya. Karena ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan yang bisa membahayakan kandungan anda.

Itu dia beberapa cara mempercepat pembukaan pada proses persalinan yang bisa anda lakukan. Teknik diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyaknya teknik untuk merangsang pembukaan dalam proses melahirkan. Untuk menunjang proses persalinan yang lancar sebaiknya anda lebih mengutamakan kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi. Disamping itu selama anda hamil disarankan untuk melakukan latihan rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Semoga membantu selamat mencoba.

Reply