Bagaimana Gerakan Senam Hamil 9 Bulan Yang Aman Dan Nyaman?

Bagaimana Gerakan Senam Hamil 9 Bulan Yang Aman Dan Nyaman

Ketika diluar sana masih banyak sekali kasus didengar orang tua atau wanita membuang janin dan ini sungguh membuat beberapa pasangan yang baru saja menikah dan belum dikaruniai seorang anak sangat sedih. Karena beberapa pasangan yang sudah menikah namun belum dikaruniai momongan atau kehamilan dan berusaha terus sampai berbagai hal dilakukan dan mendengar berita yang beredar tersebut rasanya sangat menyakitkan. Dan untuk anda pasangan yang yang sudah dipercayakan bisa diberikan buah hati melewati proses kehamilan jangan disia-siakan karena ini merupakan anugerah dalam perkawinan. Memasuki 9 bulan tentunya menjadi sebuah kebahagiaan yang tidak ternilai bagi anda yang tentu menantikan buah hati segera hadir.

Pada tahapan akhir ini banyak ibu hamil yang dilanda perasaan gelisah, terlebih lagi bagi ibu hamil yang belum pernah melahirkan atau baru pertama kali menghadapi persalinan. Perasaan tidak tenang pasti dirasakan dan ini memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan fisik dan psikis sehingga dikhawatirkan akan menghambat persalinan. Dalam hal ini ibu hamil harus pandai untuk mengelola stress dan menjaga kesehatan tubuh. Dan dalam upaya untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan, sebaiknya anda melakukan kegiatan yang sehat seperti olahraga atau senam hamil 9 bulan yang tentu sangat bermanfaat simak berikut ini :

  1. Posisi merangkak

Gerakan yang bisa anda peragakan setelah merangkak yaitu kempiskan perut dan kerutkan dubur. Ulangi gerakan ini hingga 8x ketika senam. Tujuannya untuk melatih persalinan yaitu meletakan kepala dan leher dilantai. Lakukan pengolahan nafas yaitu tarik nafas dengan keadaan mulut terbuka. Lalu tutup dan disertai dorongan. Lakukan dengan hati-hati agar tidak membahayakan janin.

  1. Duduk bersila

Duduk bersila dan posisi kedua tangan berada diatas paha. Posisi ini mirip dengan posisi yoga atau meditasi. Selama melakukan posisi tersebut, jangan lupa untuk atur nafas secara teratur. gerakan ini melatih pernafasan untuk menghadapi persalinan.

  1. Posisi jongkok

Posisi jongkok mulai dengan berdiri tegak, lalu jongkok secara perlahan dengan posisi punggung dalam keadaan masih tegak. Lalu usahakan untuk menahan posisi tersebut selama beberapa menit atau kurang lebih 10 menit. Gerakan ini berguna memperkuat otot panggul dan paha.

  1. Pose kupu-kupu

Cara ini terbilang yang mudah yaitu dengan cara duduk dilantai, lalu pertemukan kedua telapak kaki didepan layaknya bertepuk tangan. Kemudian dorong lutut ke lantai dan lakukan gerakan ini dengan teratur.

  1. Jalan kaki

Saat sudah memasuki usia kehamilan 9 bulan sebaiknya perbanyak gerakan ringan beruapa jalan kaki. Hal simple ini lakukan dengan rutin dan akan memberikan dampak positif yang baik untuk kesehatan anda dan juga janin didalam kandungan. Dan jalan kaki juga sebagai upaya mengatasi keluhan seputar kehamilan di usia 9 bulan seperti kram pada kaki.

Itu dia beberapa gerakan senam ibu hamil 9 bulan. Jangan lupa untuk melatih pernafasan dan mergangkan otot panggul untuk mempersiapkan persalinan normal. Selain itu anda akan merasa lebih tenang dalam menjalani kehamilan 9 bulan sehingga lebih siap untuk menghadapi proses persalinan. Dan manfaat yang lainnya yaitu untuk membuat posisi bayi lebih cepat masuk kedalam jalan lahir. Dengan begitu semoga bayi akan terlahir normal dan tidak mengalami sungsang. Semoga bermanfaat.

Reply