Bagaimana Posisi Bayi Dalam Kandungan 8 Bulan?

Bagaimana Posisi Bayi Dalam Kandungan 8 Bulan

Perkembangan janin usia 8 bulan merupakan periode krusial dan penting karena organ janin tumbuh secara signifikan pada trimester ini. Ketika usia kandungan janin sudah 8 bulan tentu setiap orang tua terutama bunda penasaran posisi bayi dalam kandungan 8 bulan seperti apa ya? tentu berat janin anda semakin bertambah apa bila dibandingkan dengan saat berat janin di trimester kedua. Secara kasat mata dapat dilihat perut ibu hamil semakin membesar. Janin telah memenuhi 85% rahim seiring dengan organ janin yang semakin berkembang.

Adapun gerakan janin didalam rahim yang semakin aktif dan meningkat. Janin juga sudah memiliki daging dan lemak dan janin mulai bisa bereaksi lebih banyak pada rangsangan dari luar. Fungsi organ dalam janin yang telah terbentuk juga semakin maksimal seperti paru-paru, ginjal, dan hati janin akan berfungsi maksimal setelah janin dilahirkan.

Hal yang membuat ibu senang yaitu karena janin telah menempati dan mengisi rahim anda, janin pada usia ini tidak bisa bergerak secara bebas lagi karena ruang gerak janin semakin sempit didalam kandngan. Jadi jangan cemas jika frekuensi gerak janin dibulan 8 berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.

Adapun hal-hal penting dalam perkembangan janin usia 8 bulan yaitu fase dimana ibu harus berhati-hati dalam beraktivitas. Kalau bisa aktivitas ibu dikurangi dari sebelumnya. Kalau bisa aktivitas ibu harus dikurangi dan kesehatan fisik dan psikis ibu harus selalu dijaga. Kondisi lingkungan ibu hamil juga perlu dicermati seiring janin memasuki usia 8 bulan kenapa? Karena saat janin memasuki usia 7 atau 8 bulan kondisi janin anda memasuki usia rawan artinya ketika terjadi sesuatu yang tidak enak maka anda bisa memasuki proses persalinan akibat dari cairan pelindung / ketuban janin yang pecah.

Janin dalam kandungan akan bereaksi aktif terhadap guncangan-guncangan keras seperti ibu terjatuh sehingga ibu harus waspada dan berhati-hati sebab janin bsia lahir pada bulan ke 8. Pada kondisi ini disebut dengan kelahiran premature yang berarti janin lahir dalam kondisi yang tidak normal dibanding janin yang lahir secara alami pada waktunya. Perkembangan janin usia 8 bulan bisa dikatakan kondisi dimana janin telah siap dilahirkan karena perkembangan tubuh, organ, yang telah mendekati sempurna. Namun janin butuh maksimal dalam perkembangan seperti misalnya pada otak. Disarankan ibu untuk minum suplemen yang disarankan dari dokter agar menghindari hal yang tidak diingkan.

Pada masa ini ibu hamil bisa merasakan sangat dekat dengan si janin ibu bisa mengetahui kapan si janin sedang tidur atau sedang bangun di dalam kandungan. Pada usia 8 bulan akan ada kontraksi terus menerus dirahim dikarenakan kondisi janin yang akan memasuki masa kelahiran. Dan ketika hal ini terjadi tentu ibu harus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan saat persalinan tiba. Ini dia beberapa pembahasan posisi bayi dalam kandungan usia 8 bulan. Semoga bermanfaat dan semangat menjalani proses persalinan yang sudah dekat.

Reply