Beberapa Manfaat Terong Untuk Ibu Hamil

Beberapa Manfaat Terong Untuk Ibu Hamil

Tentu makanan adalah hal yang penting yang akan berpengaruh terhadap kesehatan setiap orang. Terutama untuk ibu hamil yang sedang mengandung calon buah hatinya. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak terhadap kesehatan dan perkembangannya janin didalam kandungan. Ibu hamil harus tetap setia menjaga asupan makanan yang bergizi selama menjalani masa kehamilan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran seperti yang mau dibahas kali ini yaitu sayuran terong. Perlu anda ketahui bahwa manfaat terong untuk ibu hamil salah satunya yaitu untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, langsung kita bahas berikut ini manfaat lainnya yang perlu diketahui :

  1. Sebagai antioksidan

Ini salah satu manfaat terong untuk ibu hamil yaitu untuk menangkal radikal bebas. Ini karena terong mengandung zat antioksidan cukup tinggi. dengan mengkonsumsi terong menjadi makanan yang lezat sangat berguna untuk menjaga kesehatan selama hamil dan mencegah keluhan seputar kehamilan.

  1. Meningkatkan system imun ibu hamil

Kandungan vitamin C pada terong hampir menyerupai buah jeruk. Sehingga tidak heran jika sayuran yang satu ini dikategorikan sebagai salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C pada terong berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh ibu hamil dan juga janin. Dan juga vitamin C bermanfaat untuk mengatasi sariawan pada waktu hamil.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat sayur terong untuk ibu hamil yaitu menjaga kestabilan tekanan darah. Preeclampsia ( keracunan dalam kehamilan) pada dasarnya dipicu oleh tekanan darah tinggi. untuk mencegah hal tersebut disarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi terong secara teratur. dan terong bisa dijadikan lalapan menu sehari-hari anda.

  1. Kaya akan kandungan posfor dan magnesium

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi. hal ini untuk menunjang pertumbuhan janin. Selain kalsium ibu hamil juga membutuhkan makanan yang mengandung posfor dan magnesium untuk menjaga kesehatan tulan dan gigi selama hamil. Untuk itu terong baik untuk ibu hamil.

  1. Mencegah kerusakan otak janin

Terong ungu mengandung asam folat cukup tinggi yang berguna untuk menunjang perkembangan system saraf dan mencegah kerusakan otak pada janin. Kekurangan asam folat waktu hamil sangat beresiko menyebabkan janin lahir dengan berat badan rendah atau lahir premature.

Itu dia beberapa manfaat sayur terong untuk ibu hamil. Untuk olahan terong sendiri anda bisa menjadikan menu makanan lezat seperti tumis terong, terong balado tapi jangan terlalu pedas, atau anda konsumsi langsung sebagai lalapan. Perlu diperhatikan cuci dahulu terong agar memastikan terhindar dari zat berbahaya yang menempel pada terong agar aman untuk ibu dan janin. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Reply