Benjolan Diketiak, Apa Penyebabnya Dan Bahayakah?

Benjolan Diketiak, Apa Penyebabnya Dan Bahayakah

Ketika anda tidak sengaja atau memang mau meraba ketiak anda dan ternyata ada benjolan diketiak anda rasanya pasti bertanya-tanya apakah benjolan ini berbahayakah dan apa penyebabnya? Dan sekarang di artikel kali ini kami akan membahasnya ini disebabkan oleh berbagai macam penyakit atau kondisi tubuh anda. Jika anda baru yang membaca artikel ini coba anda untuk meraba ketiak anda dengan rutin dan jika mau periksakan ke dokter agar lebih akurat hasilnya.

Mengapa terjadi pertumbuhan benjolan diketiak ini?

Karena terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening dibawah lengan anda dan ini berperan penting dalam system kekebalan tubuh anda. Ketika anda mulai meraba ketiak anda, anda bisa merasakan benjolan dengan bentuk kecil atau mungkin bisa lebih besar yang sangat terasa saat diraba. Pada kondisi yang normal benjolan ini muncul karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal dan ini berbahaya. Ini adalah masalah kesehatan yang serius dan perlu menjadi perhatian.

Penyebab benjolan yang muncul?

Benjolan yang muncul disebabkan seperti kista atau infeksi misalkan disebabkan anda sering mencukur bulu ketiak. Dan benjolan ini dapat menjadi tanda-tanda dari masalah kesehatan anda yang serius. Berikut ini ada beberapa penyebab umum yang terjadi dari adanya benjolan di ketiak :

  • Fibroadenoma dimana bertumbuhnya jaringan ikat fibrosa bukan kanker infeksi bakteri atau virus.
  • Lipoma terjadinya pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya.
  • Kista, limfoma, kanker payudara, leukemia, lupus. Infeksi jamur.
  • Adapun reaksi alergi karena deodorant atau sabun.
  • Reaksi merugikan karena vaksinasi.
  • Mengenal ciri-ciri adanya benjolan diketiak

Anda bisa mencoba untuk merabanya perlahan. Benjolan ada yang berukuran besar ataupun kecil. Benjolan yang disebabkan oleh infeksi atau reaksi alergi biasanya sering dikaitkan dengan rasa sakit di ketiak dan benjolan terasa lebih lunak. Adapula infeksi kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan benjolan diketiak dan ini terasa sakit.

Benjolan yang disebabkan karena infeksi ada beberapa gejala yang terjadi mulai dari demam, berkeringat dimalam hari, bengkak di seluruh kelenjar getah bening ditubuh. Memang pada kenyataannya agar seram namun lebih baik anda mengetahuinya terlebih dahulu dari pada anda menyesal karena sudah terlalu lama tidak diobati. Pada dasarnya setiap penyakit yang dialami harus berhati-hati ketika penyakit itu sudah diketahui. Nah jika anda seorang wanita yang memang sering mengalami benjolan dibawah lengan bisa menjadi tanda dari kanker payudara dan ini lebih beresiko dibandingkan dengan pria.

Untuk itu penting sekali sebagai wanita rutin melakukan pemeriksaan rutin setiap sebulan sekali dan ini sudah mulai harus disadari dari sekarang agar tidak terlambat. Jika anda mau mengeceknya sendiri anda bisa coba meraba ketika anda sedang menstruasi karena tekstur payudara yang lembut maka mampu diraba apakah anda benjolan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan wawasan yang luas.

Reply