Besar Perut Ibu Pada Kehamilan 12 Minggu

Besar Perut Ibu Pada Kehamilan 12 Minggu

Berikut ini kami akan membahas ciri fisik kehamilan yang paling terlihat jelas yaitu perubahan ukuran perut ibu. Seiring dengan pertumbuhan janin, rahim akan menyesuaikan dan ukuran perut secara otomatis akan berubah mengikuti ukuran rahim. Lalu bagaimana besar perut ibu pada kehamilan 12 minggu kali ini yang akan kami bahas. Selama 9 bulan janin akan terus tumbuh dan berkembang. Semakin berkembangnya janin anggota tubuh semakin lama semakin lengkap sampai pada akhirnya menjadi satu tubuh yang utuh dan ukuran tubuh bayi dalam kandunganpun bertambah.

Pada usia kandungan 3 bulan tidak teralu terlihat perubahan pada ukuran perut. Karena ukuran janin masih sangat kecil dan belum terbentuk utuh seluruh bagian tubuhnya. Ukuran perut ibu hamil dengan usia kandungan 12 minggu tidak semuanya sama. Pada kehamilan yang pertama biasanya tidak terlalu terlihat karena rahim baru pertama kali berisi janin hidup. Selain itu juga otot dinding rahim masih kaku dan sulit menyesuaikan dengan pertumbuhan janin. Beda halnya ketika ibu sedang mengandung anak kedua, pastinya perubahan ukuran perut ibu dapat terlihat karena rahim sudah lentur dan bisa menyesuaikan dengan perubahan janin sekecil apapun.

Namun untuk anda yang baru pertama kali mengandung tidak perlu khawatir karena rahim secara alamiah akan menyesuaikan dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Besar perut ibu pada kehamilan 12 minggu setiap orang dipengaruhi oleh beberapa factor. Perut ibu dapat terlihat besar meski ukuran janin masih kecil karena sebelum mengandung berat badannya di atas rata-rata atau over weight sehingga ukuran perut ketika hamil terlihat besar. Tidak perlu khawatir pada keadaan ini normal dan tidak membahayakan. Akan tetapi jika ketika mengandung berat badan terus bertambah, dapat menyebabkan obesitas dan membahayakan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi perubahan ukuran perut bayi pada usia kehamilan 3 bulan yaitu masa air ketuban dalam janin. Pada masa ini air ketuban lebih banyak, maka ukuran rahimpun lebih besar walaupun ukuran janin sebenarnya masih kecil. Untuk ukuran perut pada usia kandungan yang masih 3 bulan tidak perlu dikhawatirkan karena ini merupakan hal yang normal jika terlihat perubahannya. Keberadaan janin masih dapat dirasakan dengan meraba perut bagian bawah atau dengan melakukan pengecekan USG. Dengan USG maka dapat terlihat perkembangan janin.

Banyak yang membicarakan tentang perut ibu pada kehamilan 12 minggu ini. Disarankan agar lebih akurat diperiksakan kondisi kesehatan bayi karena pada trimester pertama sangat rentan. Untuk itu tidak sedikit kasus janin tidak berkembang pada usia 12 minggu karena kekurangan nutrisi atau factor-faktor penyebab lainnya. Untuk itu sangat penting pemeriksaan anin secara teratur ke dokter kandungan sangat diperlukan selama masa kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang pentingnya memperhatikan kondisi janin didalam kandungan.

Reply