Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

Telinga merupakan organ penting didalam tubuh yang harus dijaga. Pada dasarnya telinga anda tidak perlu secara khusus dibersihkan karena telinga sudah mempunyai mekanisme sendiri untuk membersihkan kotoran. Siapa yang mengira cairan kuning didalam telinga ketika kita bersihkan itu adalah kotoran? Pada kenyataannya itu adalah earwax sama dengan kotoran telinga. Telinga anda menghasilkan earwax dimana mempunyai tekstur yang lengket dan berwarna kuning dimana mempunyai fungsi untuk mencegah infeksi. Sehingga melindungi gendang telinga dari benda-benda asing seperti polutan, serangga, kotoran yang bisa masuk kedalam telinga anda dan bisa menggangu kerja telinga. Maka telinga anda akan otomatis membersihkan kotoran saat kita berbicara, mengunyah dan menggerakan rahang. Earwax akan bergerak kearah luar saluran telinga dan biasanya akan mengering dan keluar sendiri dari lubang telinga.

Seperti yang akan kami bahas kali ini cara membersihkan telinga yang benar, dan kami akan beritahukan dimana pada dasarnya telinga anda memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri. Sehingga anda tidak perlu membersihkan terlalu dalam lubang telinga. Nah bagaimana jika earwax sudah menggangu bagaimana cara mengeluarkannya?

  1. Gunakan tetes telinga

Tetesan telinga mampu membantu melunakakn earwax sehingga dapat keluar dengan sendirinya. Ada beberapa jenis obat tetes telinga yaitu hydrogen peroksida atau sodium bikarbonat. Obat tetes ini bisa cari di apotik namun kekurangan dari tetes telinga ini bisa membuat kulit bagian saluran telinga menjadi kering. Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter ya jangan asal sembarang membeli obat tetes telinga. Karena pada dasarnya pengguna obat tetes ini bereaksi negarif terhapap kulit mereka yang sensitive atau mempunyai kelinan pada telinga.

  1. Coba lembapkan bagian dalam telinga

Penumpukan earwax dapat terjadi karena bagian dalam telinga terlalu kering. Jika ini merupakan salah satu masalah anda, nah coba lembapkan bagian dalam telinga anda dengan olive oil atau baby oil. Anda bisa meneteskannya beberapa tetes minyak ini ke telinga anda. Tunggu sampai 5 menit. Untuk anda yang punya alergi atau iritasi membutuhkan waktu yang lumayan lama dimana earwax yang mengeras menjadi lunak atau keluar dengan sendirinya. Lakukan dengan rutin untuk dapatkan hasil yang maksimal dan jangan lupa konsultasikan dahulu ke dokter.

Jika anda salah satu orang yang memproduksi banyak earwax. Anda bisa pergi ke dokter untuk membersihkannya dengan rutin atau mungkin anda tidak sengaja melukai telinga anda ketika saat membersihkan segera anda harus ke dokter agar tidak terjadi infeksi yang terlalu parah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda yang suka membersihkan telinganya.

Reply