Cara Membuat Nasi Tim Untuk Bayi Dengan Berbagai Varian Rasa

Cara Membuat Nasi Tim Untuk Bayi Dengan Berbagai Varian Rasa

Pada saat ini anda memiliki buah hati yang berusia diatas 6 bulan. Dan anda salah satu bunda yang sedang kebingungan juga bagaimana cara membuat nasi tim untuk bayi. Perlu anda ketahui ketika usia si kecil mulai memasuki usia 6 bulan. Maka sudah selayaknya si kecil mendapatkan makanan pendamping ASI / yang biasa disebut MPASI. Dan makanan ini juga harus disesuaikan dengan keadaan si kecil ya bunda.

Ketika anda ingin membuat nasi tim, anda harus benar-benar memperhatikannya terutama ketika mengelolahnya. Untuk itu dengan adanya asupan gizi yang baik juga seimbang, diharapkan mampu menjadikan si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat dan juga kuat dalam system imunitasinya.

Nah sebelum anda mengetahui resep dan bagaimana cara membuat nasi tim, sebaiknya jika anda mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan nasi tim yaitu :

  1. Nasi tim selalu membutuhkan air yang lebih banyak untuk mematangkannya dibandingkan nasi biasa.
  2. Rasa dari nasi tim lebih gurih.
  3. Untuk nasi tim, sebaiknya di campurkan dengan beberapa jenis sayuran atau bahkan daging guna menambah cita rasa.
  4. Nasi tim bisa dimatangkan dengan cara dikukus, direbus, atau bahkan dipanggang dengan menggunakan oven.
  5. Guna menambah adanya cita rasa gurih, ketika membuat nasi tim anda bisa memasukkan satu sendok minyak goreng ke dalam nasi ketika sedang dimasak.

Jangan pernah anda ragu untuk menambahkan bahan-bahan yang memiliki tekstur yang kasar atau bahkan campuran bahan yang memiliki tekstur tidak terlalu lunak. Karena makanan jenis ini mampu merangsang pertumbuhan gigi si kecil yang usianya selang menginjak diatas usia 7 bulan.

Simak berikut ini salah satu cara membuat nasi tim :

Nasi tim sayuran

Bahan :

  • 4sdm beras, cuci bersih
  • 400ml kaldu ayam
  • 40gr wortel, potong dadu kecil
  • 6 buah buncis muda, iris halus
  • ½ siung bawang putih, cincang
  • 1sdm irisan daun bawang

Cara membuat :

  1. Didihkan kaldu ayam, lalu masukan beras, wortel, buncis, bawang putih, dan iriskan daun bawang. Masak sambil diaduk hingga air terserap habis. Angkat.
  2. Tuang nasi kedalam panic tim. Masak selama 30 menit atau hingga tekstur nasi lunak dan matang. Angkat.
  3. Masukkan nasi tim ke dalam tempat saji. Lalu hidangkan selagi masih anget.

Itu dia beberapa cara membuat nasi tim untuk bayi. Selain resep diatas, anda bisa variasikan dengan nasi tim dengan beberapa bahan lainnya yang memang disukai si kecil. Seperti nasi tim bayi, nasi tim jagung, nasi tim tahu tempe, dan masih banyak lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Reply