Cara Membuat Olahan Pisang Untuk Bayi

Cara Membuat Olahan Pisang Untuk Bayi

Ketika bayi anda usia 6 bulan, system pencernaan bayi sudah mulai berfungsi dengan baik dan bisa mencerna makanan selain ASI. Pada tahapan ini anda bisa mulai memperkenalkan makanan padat pendamping ASI. Makanan pertama yang harus dikenalkan memiliki tekstur lembut dan encer seperti bubur susu atau pisang lumat sehingga bisa mudah ditelan dan dicerna oleh bayi. Sama seperti yang akan kami bahas kali ini makanan / olahan pisang untuk bayi yang memang baik dan bagus untuk bayi.

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan gizi sangat baik bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya pisang menyediakan energy cukup tinggi. kandungan gizi buah pisang diantaranya yaitu kalsium, magnesium, posfor, kalium, dan zat besi. Lalu pisang juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin C, dan serotonin yang berperan penting sebagai neurotransmitter untuk mendukung fungsi otak.

Simak berikut ini cara membuat pisang lumat :

Bahan :

  • 1 buah pisang (ambon atau raja) yang sudah matang

Cara membuat :

  • Pisang dikupas memanjang dan kulitnya jangan sampai lepas.
  • Keruk pisang menggunakan sendok berukuran kecil / sendok teh.
  • Letakan pisang yang sudah dikeruk kedalam wadah kecil.
  • Supaya pisang tidak berubah warna tambahkan air perasan jeruk dan aduk rata.
  • Pisang lumat siap untuk disajikan.

Kandungan kalium pada buah pisang berperan penting dalam mendukung fungsi sel sarah untuk memperlancar pengiriman oksigen menuju otak sehingga membantu keseimbangan cairan tubuh. Selain itu pisang juga memiliki kandungan serat cukup tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan system pencernaan. Pisang lumat sebaiknya disajikan sekali saji usahakan untuk langsung habis. Dan hal yang harus dihindari lainnya jangan pernah haluskan pisang dengan cara ditumbuk karena akan merubah citarasa sehingga bayi cenderung tidak akan menyukainya. Semoga membantu, selamat mencoba.

Reply