Cara Mengatasi Susah Tidur/Insomnia Yang Menyebalkan

Cara Mengatasi Susah Tidur Insomnia Yang Menyebalkan

Tentu setiap orang pernah mengalami yang namanya gangguan susah tidur/insomnia ada saja hal yang membuat kita sulit sekali merem saat sudah lelah karena aktivitas yang banyak. Secara tidur merupakan kebutuhan vital untuk tubuh kita. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh seseorang terganggu. Dan juga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembuhuh no 1 didunia.

System hormonal dan metabolisme dalam tubuh kita terganggu jika tidak tidur dalam 3 hari. Nah untuk anda yang memang mengalami susah tidur ini menjadi hal yang sulit bagi beberapa insomnia. Dan kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi susah tidur atau insomnia yang menggangu agar anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dan tubuh yang lebih sehat.

Cara mengatasi susah tidur secara mudah dan efektif :

  1. Pilihlah warna dekorasi yang tepat pada kamar

Nah untuk hal ini jangan dianggap gampang ya, karena ini merupakan peranan penting dalam psikologi seseorang. Orang akan lebih merasa nyaman dan tenang jika berada dalam ruangna yang berwarna sesuai dengan warna yang mereka sukai. Ada beberapa saran warna dekorasi yang membantu yaitu warna biru mudah, hijau muda karena warna ini bersifat tenang, relaksasi, menyenangkan, damai dan penuh dengan harapan. Dan juga pencahayaan yang harus diperhatikan. Pilihlah lampu-lampu yang redup dan kalem seperti warna krem. Ada juga cara lebih efektif matikan lampu kamar agar lebih cepat tidur dan bangun dalam keadaan segar.

  1. Pilih kasur yang sesuai

Saat mengalami yang namanya susah tidur nah salah satunya bisa disebabkan karena kasur yang tidak sesuai. Mungkin ini jarang sekali di perhatikan untuk itu pastikan kasur yang anda gunakan untuk tidur sudah nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh. Untuk hal ini perlu diketahui kasur yang nyaman tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur saja, namun nyaman juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

  1. Kurangi cahaya berlebih

Nah hal yang satu ini sangat efek ketika anda sulit tidur. 10% orang yang susah tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit tertentu. Untuk itu mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara mengatasi insomnias/sulit tidur yang efektif. Bila perlu matikan lampu tidak anda agar mendapatkan tidur yang nyenyak. Dan juga cahaya dari balik jendela kamar anda pastikan hordeng tersebut selalu tertutup agar cahaya kendaraan dari luar tidak menyebabkan tidur anda menjadi terganggu.

  1. Alat elektronik

Saya sendiripun merasakan ketika kita istirahat dan alat eletronik yang sering ada didekat kita misalkan ponsel saya, itu membuat kualitas tidur saya tidak nyenyak dan selalu terbangun. Bukan hanya hp alat elektronik lainnya seperti computer usahakan untuk jauh dari jangkauan anda atau pindahkan ke tempat yang aman. Ini menjadi catatan ya walaupun sudah dimatikan terkadang cahaya lampu dari ponsel tersebut membuat kita ingin memainkannya sebentar dan itu membuat kualitas tidur tidak baik.

  1. Jaga kesegaran udara

Kesegaran udara ternyata sangatlah penting untuk menentukan kualitas tidur anda. Udara yang kotor dan penuh dengan polusi sangatlah buruk bagi kualitas tidur, dan menyebabkan gangguan system pernafasan. Apabila kamar anda tertutup rapat, anda bisa buka buka sedikit jendala agar oksigen segar bisa masuk kedalam kamar. Anda bisa mengatasi susah tidur dengan alat pembersih udaraha. Gunakan selama 30 menit saja, anda akan mendapatkan kualitas tidur yang sebenarnya.

Itu dia beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa dialami oleh siapa saja. tetap perhatikan segala hal detail yang ternyata mempengaruhi kualitas tidur anda. Selamat mencoba dan coba lebih peka lagi agar kualitas tidur anda baik dan tidak mudah merasa lelah.

Reply