Cara Menghitung Gerakan Janin Dengan Mudah Dan Menyenangkan, Yuk Cari Tahu Bunda

Cara Menghitung Gerakan Janin Dengan Mudah Dan Menyenangkan, Yuk Cari Tahu Bunda

Pada kehamilan usia 18-20 minggu tentu adalah waktu yang dibutuhkan ibu yang baru hamil untuk dapat merasakan dengan jelas pergeraka janin didalam kandungan. Namun, bagi ibu hamil yang sudah melahirkan, tentu akan lebih mudah mengenali pergerakan janin pada 14-18 minggu. Gerakan-gerakan bayi ini pun tergantung usianya. Misalkan pada usia di trimester pertama, janin dapat bergerak dengan bebas seperti berputar namun jika sudah memasuki trimester ketiga, dimana sang janin sudah memenuhi seluruh ruang Rahim, tentunya gerakan yang diciptakan akan semakin terbatas.

Keterbatasan gerakan janin, hanya bisa melakukan meninju, menendang searah, dan juga gerakan lainnya yang memang sudah tidak bisa bergerak dengan bebas pada trimester pertama. Namun, jika pada usia kehamilan 2 minggu pergerakan semakin menurun, anda harus pintar-pintar  menggolongkan gerakan janin anda apakah keadaannya normal atau tidak. Hal ini bisa kalian lakukan dengan menghitung gerakan janin dengan mudah dan menyenangkan. Berikut adalah cara yang dapat kami sampaikan.

Lakukan perhitungan pada gerakan janin secara teratur. misalkan kalian bisa menulisnya pada kalender, pada minggu keberapa anda merasakan gerakan si janin, mulai pergerakan pertama, kedua, dan selanjutnya. Catatlah dengan spesifik pada kalender anda sehingga anda bisa tahu perkembangan sang janin. Jadwalkan waktu gerakan janin, ini adalah cara yang lebih spesifik lagi dengan cara mencatat pergerakan janin anda mulai dari pagi, siang, sore dan malam agar memberikan hasil yang lebih akurat. Dengan memposisikan tubuh kalian dengan nyaman pun merupakan perhitungan juga dimana pergerakan kalian berpengaruh pada gerakan bayi, misalkan dengan tiduran sambil membaca atau menonton film. Mencatat gerakan janin juga harus dilakukan dengan cara mencatat waktu, jam, gerakan seperti apakah, dan lainnya yang lebih spesifik dan mengetahui perkembangan janin. Hitungan gerakan yang bervariasi seperti tendangan, memutar, tinju bahkan saat janin mengalami cegukan. Gerakan yang lebih lama, jadi apabila janin melakukan pergerakan dengan jangka waktu yang lama, kalian bisa mengubah posisi kalian misalkan yang tadinya duduk jadi berdiri, yang tadinya sedang jalan pagi, diubah menjadi senam ibu hamil. Dan jika gerakan ini tetap berlangsung lebih lama, kalian bisa berkonsultasi pada dokter agar menemui solusi dari pemasalahan kalian tersebut.

Nah itu dia cara menghitung gerakan janin dengan mudah dan menyenangkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan khususnya ibu hamil. Semoga membantu kalian dan selamat menantikan kelahiran sang buah hati.

Reply