Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Akurat

Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Akurat

Untuk pasangan yang baru saja menikah tentu menanti calon buah hati ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan yang sudah berumah tangga. Mendapatkan berita bahwa anda akan melewati proses kehamilan tentu sangat membuat semua ibu deg-degan. Proses kehamilan dilalui ibu hamil selama 9 bulan, semua membutuhkan proses waktu dan tentunya ibu selalu melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan agar kandungan mereka tetap sehat dan kuat hingga proses persalinan.

Untuk mengetahui umur kehamilan bayi maka ibu bisa melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan dan tentu itu memerlukan yang namanya biaya. Nah untuk menghemat biaya ibu hamil bisa menghitung usia kehamilan sendiri dengan cara manual yang bisa dilakukan setiap minggunya. Usia kehamilan bayi adalah 40 minggu atau 280 hari dihitung sejak hari terakhir haid, untuk itu biasanya dokter kandungan atau bidan lebih milih menghitung menggunakan hitungan minggu karena dengan menggunakan hitungan minggu akan lebih akurat dan mudah. Nah untuk mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya lebih, kami akan membahasnya cara menghitung usia kehamilan :

Untuk cara menghitung usia kehamilan anda harus mengetahui siklus haid yang di alami. Untuk wanita yang memiliki siklus haid yang teratur bisa menggunakan rumus hari pertama haid terakhir dikurangi (-) dengan 7 pada bulan haid dikurangi (-) 3 kemudian pada tahun ditambah dengan angka 1. Tetapi apabila bulan tidak bisa dikurangi (-) 3 atau bulan januari-maret maka dijumlahkan dengan 9, dan pada tahun tidak perlu ditambah angka 1. Berikut contoh yang bisa diikuti :

  1. Misalkan tanggal 17 agustus 2016 cara menghitungnya ialah 17-7 = 10 tanggal, 8 (agustus)-3 = 5 (mei), tahun 16+1 = 17
  2. Jadi untuk memperkirakan proses persalinan pada tanggal 10 mei 2017
  3. Pada cara ini bisa diperkirakan sekitar 7 hari sehingga hari dimana bayi lahir sekitar 3 hingga 17 mei 2017

Nah itu dia cara menghitung usia kehamilan yang mudah dan bisa anda hitung saja dirumah. Untuk menjaga kehamilan ibu agar bisa kuat dan sehat hingga proses kelahiran bisa berjalan dengan baik, untuk itu ibu harus cerdas dalam menjaga kesehatan ibunya dan bayi. Adapun beberapa makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil :

  1. Konsumsi susu untuk ibu hamil
  2. Makan makanan yang mengandung banyak vitamin, gizi dan protein sehingga bayi dalam perut ibu bisa sehat dan kuat
  3. Bisa mengkonsumsi madu karena madu banyak mengandung manfaat untuk ibu hamil yang diantaranya untuk menambah system kekebalan tubuh bayi, mencerdaskan otak bayi.

Itu dia beberapa cara menghitung usia kehamilan. Semoga membantu dan semoga kandungan anda sehat sampai waktu melahirkan ya bunda.

Reply