Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Tepat

Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Tepat

Kehamilan adalah hal yang paling di tunggu-tunggu bagi setiap pasangan suami istri yang baru saja menikah. Menginginkan kelurga yang komplit menjadi hal yang semua pasangan ini merasakannya. Nah anda dan suami sudah mengikuti program kehamilan sampai rasanya sudah tidak sabar diberikan tanda-tanda kehamilan yang menjadi penantian selama ini. Jika anda sudah merasakan gejala dan tanda-tanda kehamilan segeralah ke dokter dan periksakan kandungan anda apakah benar akurat anda sedang mengandung atau belum. Dan setelah dokter menyatakan kehamilan, dokter akan memperkirakan waktu kelahiran juga. nah berikut ini kami akan memberikan cara menghitung usia kehamilan yang tepat dan penting sekali diketahui calon ibu.

  1. Periode menstruasi terakhir

Untuk ibu yang memiliki siklus menstruasi terakhir maka menghitung usia kehamilan bisa dilakukan berdasarkan tanggal periode menstruasi terakhir. Perhitungan ini tidak dilakukan berdasarkan tanggal perkiraan pembuahan. Perkiraan hari lahir anak bisa diperkirakan sekitar 40 minggu setelah hari pertama menstruasi dari periode pertama. Namun perkiraan ini kadang bisa mundur atau bisa maju.

Cara perhitungannya :

  • Perhitungan sangat efektif untuk wanita yang memiliki siklus haid selama 28-30hari.
  • HPTP adalah hari pertama menstruasi terakhir – 7 hari
  • Bulan haid – 3 bulan
  • Tahun haid + 1

Contohnya :

  • HPTP 10 agustus 2018 – 7 hari = 3 (tanggal)
  • Agustus – 3 bulan = 5 (bulan)
  • 2018 + 1 = 2019 (tahun)
  • Jadi kemungkinan bayi anda akan lahir ditanggal 3-agustus-2019.
  1. Pemeriksaan USG

Pemeriksaan yang satu ini harus dilakukan oleh dokter kandungan yang memang ahli dibagian USG. Dan usia kehamilan di prediksi bisa dilakukan 5-6 minggu setelah priode terakhir menstruasi. Pemeriksaan USG ini dilakukan pada saat usia janin suah masuk usia 8 minggu- 18 minggu.

Jelas pemeriksaan USG ini dilakukan oleh dokter yang memang sudah professional. Namun ketika janin dan usia kandungan anda didalam rahim belum besar maka pemeriksaan ini sulit diketahui.

Dalam pemeriksaan USG yang menggunakan alat endovaginal ada 3 bagian yang akan terlihat dan terbukti anda hamil :

  • Kantong kehamilan atau sebuah kantung air yang sebenarnya itu sudah berisi janin.
  • Fetal yaitu sebuah jaringan janin ringan yang menggambarkan calon bagian lengan dan kaki. Bentuknya yang bervariasi tergantung dari usia kehamilan.
  • Kantung kuning telur yang berisi struktur khusus dimana makanan janin berada disitu ketika plasenta juga baru berkembang.
  1. Pemeriksaan tinggi puncak rahim

Pemeriksaan tinggi puncak rahim untuk mengetahui usia kehamilan harus dilakukan oleh dokter. Pemeriksaan ini dilakukan di ruang praktek dokter atau di rumah sakit. Pemeriksaan ini berguna untuk mengetahui, apakah janin tumbuh dengan normal dan perkiraan waktu ibu akan melahirkan akan diberitahu juga. pemeriksaan dilakukan dengan 2 metode yaitu dengan ahlinya dokter akan mengukur pada jarinya. Usia kehamilan akan diputuskan berdasarkan tinggi puncak rahim yang diukur dari tulang kemaluan. Akan ada kenaikan posisi atau puncak rahim sebesar 4cm setiap bulannya. Nah dari tinggi ukuran puncak rahim ini dokter akan melihat perkembangan janin dari tahap awal sampai tahap akhir. Jika dokter menemukan ciri kehamilan yang tidak sehat maka dokterpun akan memberikan saran dan memberitahukan.

  1. Kalkulator kehamilan

Sama halnya dengan kalender kehamilan metode ini bisa anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan anda. Dan ini sangat mudah untuk menentukan usia kehamilan. Bahkan sekarang semakin canggihnya teknologi aplikasi kalkulator kehamilanpun sudah ada. Yang perlu didata atau dimasukkan yaitu HPHT dan priode menstruasi yang biasa anda dapatkan. Atau anda bisa konsultasikan dengan dokter kandungan anda agar mengetahui kalkulator kehamilan yang efektif seperti apa.

Tips setelah anda sudah mengetahui usia kehamilan anda

Yang terpenting yaitu lebih memperhatikan kesehatan tubuh anda. Namun pada dasarnya berbagai gaya hidup yang positif sebaiknya dijalankan sepanjang usia kehamilan anda di setiap trimesternya. Adapula beberapa tipsnya :

  1. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan dan minum yang sehat demi tumbuh kembang janin didalam kandungan begitupun juga untuk anda. Berikan vitamin tambahan agar anda tetap dalam keadaan bugar.
  2. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi alcohol karena memang tidak baik untuk kesehatan anda dan janin. Akan menyebabkan masalah yang serius dan akan berdampak terkena masalah kesehatan seperti cacat mental, cacat fisik, dan terhambat perkembangan janin.
  3. Segera gunakan jasa kesehatan yang penting untuk kehamilan anda. Pilihlah dokter kandungan yang pada dasarnya mempunyai pelayanan medis yang baik untuk memantau kehamilan anda.
  4. Jika anda ada kebiasaan merokok sebaiknya ini dihindari karena sangat tidak baik untuk kesehatan janin dan ibu yang bisa menyebabkan komplikasi.
  5. Hindari pekerjaan yang berat, ketika sedang hamil pasti anda akan disarankan untuk melakukan cuti ketika memang anda seorang pekerja.
  6. Jika anda merasakan kekhawatirkan akan penyakit turunan atau riwayat kesehatan yang bermasalah anda bisa minta kedokter untuk mengecek dan tes janin. Karena ini bisa menyebabkan akan dampak yang serius pada janin.
  7. Jangan mengkonsumsi makanan yang setengah matang apapun bahannya yang diolah setengah mateng itu tidak baik.
  8. Jika usia anda sudah masuk tahap akhir sebaiknya persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan ketika bayi anda akan dilahirkan.
  9. Ketika anda merasa khawatir atau stress saat usia kehamilan akhir anda harus mengungkapkan dan berbicara kepada pasangan atau kelaurga anda yang bisa membantu anda dan membuat perasaan anda lebih nyaman dan tenang.
  10. Nikmati setiap tahap dan fase kehamilan anda karena ini akan teramat berarti sebagai ibu. Karena dengan cara ibu menikmatinya ibu akan bersyukur dimana kehamilannya semakin berkembang dan menjadikan lebih nyaman dan sehat.

Itu dia beberapa hal yang bisa kami berikan lewat artikel ini bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang tepat dan akurat namun simple. Namun tetap harus konsultasikan ke dokter agar lebih mengetahui usia kehamilan anda dengan akurat. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Reply