Cara Menurunkan Darah Tinggi Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Cara Menurunkan Darah Tinggi Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Darah tinggi atau bahasa ilmiah disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan gaya hidup tidak sehat. Jangan kaget jika Indonesia termasuk salah satu Negara yang terkenal dengan tingkat banyak orang yang menderita hipertensi ini. Dan juga bisa disebabkan factor keturunan, stress, umur atau usia, terlalu banyak konsumsi sodium, kebiasaan minum minuman beralkohol dan juga merokok.

Nah pas sekali untuk anda yang memang mengalami kondisi tersebut, karena ini tidak bisa dianggap sepele. Cara menurunkan darah tinggi sangat harus diperhatikan agar tekanan darah anda kembali normal. Langsung saja simak berikut ini cara-caranya yang tentu dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat. Simak berikut ini :

  1. Buah-buahan

Buah adalah salah satu sumber vitamin pelengkap dan utama untuk tubuh, beberapa jenis buah yaitu memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi yaitu buah alpukat, buah kiwi, buah mengkudu, buah jeruk, buah semangka, buah blewah, buah anggur, buah melon, blueberry.

  1. Sayuran

Sayuran sangat identik dengan rasa pahir atau hambarnya sering terlewatkan dalam menu makanan sehari-hari. Padahal sayuran sangat baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Nah ada beberapa kandungan dalam sayuran yang bisa menurunkan gejala darah tinggi dan ini sangat cepat mempengaruhi agar darah tinggi anda turun yaitu, tomat, buncis, bayam, bawang putih, mentimun, kentang, seledri.

  1. Makanan sehat

Penderita hipertensi atau tekanan darah sebaiknya sangat diperhatikan asupan makanannya. Pola makan dan juga jenis makanan sangat berpengaruh pada tekanan darah anda. Jika sudah terlanjur, sebaiknya anda kurangi dan mulai mengkonsumsi makanan sehat yang bisa dilakukan sebagai upaya menurunkan darah tinggi, berikut ini makanan yang sehat : roti gandum, minyak zaitun, yogurt. Setelah anda mengetahuinya kini anda dapat mengkonsumsinya.

  1. Rutin berolahraga

Karena dengan rutin melakukan olahraga maka akan membantu system peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih terjaga. Jangan lupa untuk lakukan secara rutin namun jangan terlalu memaksakan ekstra keras dan memforsir tubuh anda ya.

  1. Hindari konsumsi kafein berlebih

Memang saat ini peran kafein pada tekanan darah masih menjadi perdebatan. Namun sudah banyak penelitian yang mengungkapkan jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membuat tekanan darah anda meningkat.

  1. Dukungan atau simpati dalam keluarga

Hal yang satu ini tentu penting untuk mengurangi lonjakan tekanan darah. Kasih sayang yang diberikan dalam lingkup satu atap membuat anda merasa tenang. Dengan begitu kondisi tekanan darah juga dapat menurun dengan sendirinya.

  1. Gunakan obat herbal

Jika anda memilih menggunakan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sebaiknya anda menggunakan obat herbal. Namun ini tentu harus direkomendasi dengan ahlinya sehingga hasilnya akan lebih optimal.

Nah sekarang anda sudah mengetahui penyebab utama darah tinggi yaitu dari pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu sangat dianjurkan bagi anda yang sudah memiliki gejala darah tinggi untuk selalu mengontrol pola makan, hindari makanan yang tidak sehat, terlalu banyak fikiran yang seharusnya tidak terlalu anda jadikan beban sehingga ini memicu. Hidup sehat itu murah harganya kok, tidak perlu yang mahal jika itu justru membahayakan kesehatan kita. Semoga artikel ini membantu.

Reply