Cara Menyusui Yang Benar Untuk Ibu Awam

Cara Menyusui Yang Benar Untuk Ibu Awam

Kehadiran buah hati yang selama ini ditunggu 9 bulan didalam kandungan akhirnya launching juga. nah saatnya anda memasuki perkembangan yang baru dan belum selesai sampai anda sudah melahirkan saja namun masih banyak hal baru yang harus menjadi perhatian anda dengan pasangan anda. Seperti yang akan kami bahas kali ini cara menyusui yang benar untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan atau ibu awam. Secara rasa yang dirasakan bercampur semuanya rasa takut dan juga senang anda rasakan. Takut anda salah menyusuinya sampai akhirnya akan berdampak dengan keluarnya ASI namun ada rasa bahagia juga karena buah hati anda sudah lahir kedunia dan membawa kebahagiaan baru untuk anda dan pasangan anda.

Namun anda tidak perlu ada ketakutan yang berlebihan karena pada dasarnya memberikan ASI cukup sederhana. Begitu ia sudah lahir ia akan mempunyai kemampuan untuk menghisap susu dan juga makan dengan sendiri (jika memang sudah tahapnya). Langsung saja kita bahas bagaimana cara menyusui yang benar dimana pemberian ASI dapat dimulai langsung setelah proses melahirkan selesai :

  1. Berikan rasa nyaman dan rileks didiri anda ketika anda memberikan ASI untuk buah hati. Cara agar ibu merasa nyaman misalkan dengan bersandar atau mengganjal tubuh ibu dengan sandaran bantal dibelakang.
  2. Setelah ibu sudah mendapatkan posisi yang nyaman, gendong dan pegang kepala bayi dengan satu tangan dan pertahankan posisi payudara ibu dengan tangan ibu yang lain. lalu dekatkan muka bayi ke payudara ibu dan pastikan tubuh bayi menempel dengan tubuh ibu.
  3. Anda bisa memberikan rangsangan untuk bayi dengan bibir bawah bayi menggunakan puting ibu. Tujuannya agar mulut bayi terbuka lebar lalu biarkan bayi memasuki seuluh bagian gelap sekitar puting didalam mulutnya.
  4. Bayi akan menggunakan lidahnya untuk mengisap ASI. Ibu hanya mengikuti irama menyedot dan menelan yang keluar.
  5. Ketika ibu akan memindahkan bayi untuk menyedot di sisi payudara satunya, letakkan satu jari ibu ke sudut bibir bayi nanti secara otomatis bayi akan melepaskan isapanya. Hindari dan jangan melepas dengan tiba-tiba dari mulut bayi untuk berpindah payudara satunya. Ini akan membuat bayi rewel dan sulit untuk menyusuinya lagi.
  6. Biarkan bayi mengatur sendiri seberapa cepat ia akan makan. Karena perlu diingat tidak ada batasan waktu untuk ibu menyusui ASI terutama karena semakin sering anda memberikan ASI maka semain baik untuk buah hati anda.
  7. Kapan kira-kira ibu harus berpindah ke sisi payudara satunya? Ketika ibu sudah merasakan payudara menjadi lunak dipayudara yang sudah di isap bayi. Lalu tindakan mengganti ke sisi payudara satunya lagi bisa dilakukan karena bertujuan untuk mencegah payudara yang belum diisap atau belum dipakai menjadi nyeri.
  8. Lalu dari mana kita tau bahwa bayi kita mau menyusui? Sama seperti cara sebelumnya ketika bayi masih ingin menyusui, bayi akan memasukkan areola kedalam mulutnya dan kembali menghisap. Lalu ketika bayi sudah kenyang bayi akan berhenti dengan sendirinya.
  9. Setelah bayi sudah kenyang tepuklah pelan-pelan saja disekitar punggungnya agar bayi mengeluarkan sendawa.

Namun ada beberapa point yang penting dan harus anda catat selain memastikan cara menyusui yang benar seperti apa. Simak berikut ini :

Tunda pemakaian dot untuk memberikan ASI untuk bayi. Karena menurut penelitian America serikat menyarankan untuk pemakaian dot lebih baik dilakukan setelah bayi mampu menyusu dengan baik dan benar. Terkecuali ada masalah yang mengharusnya bayi menggunakan dot seperti ASI tidak keluar.

Berikan perawatan pada puting ibu dan harus sekali hindari pemakaian sabun yang mengandung terlalu banyak bahan kimia didaerah areola. Karena sabun bisa membuat kulit kering dan pecah-pecah.

Asupan gizi yang penting untuk menjaga kandungan nutrisi ASI. Makan makanan yang bergizi dan minum air yang banyak. Dan jangan melupakan untuk ibu menyusui harus istirahat yang cukup.

Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak perlu kalau memang bukan resep dari dokter.

Itu dia beberapa ulasan artikel tentang cara menyusui yang benar yang bisa kami jelaskan dengan simple sangat diharap semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi wawasan informasi yang lebih untuk anda dan untuk orang lain. selamat mencoba ibu menyusui.

Reply