Cara Pintar Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Cara Pintar Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Buat para bunda pastinya nama baby led weaning sudah tidak asing lagi, atau mungkin ada beberapa bunda yang belum faham dan tau apa ini? Buat sebagian ibu sudah mulai merencanakan untuk menerapkan metode ini pada buah hatinya, namun belum terlalu paham bagaimana cara terbaik mengaplikasikannya pada si kecil.

Metode baby led weaning sekarang sedang trend dan ramai dibicarakan. Semua anak artis rata-rata membiasakan bayi dengan membiarkan menyantap makanan bayi seorang diri dengan tempatnya sendiri. Sebelum kita membahas lebih jauh kali ini kami akan membahas cara pintar menerapkan metode baby led weaning pada bayi. Pada metode ini dianggap sebagai salah satu pendekatan baik guna mengajarkan anak untu bisa makan dengan sendiri sejak ia dini. Lewat metode ini anak-anak yang sudah siap diberikan memilih dan mengunyah sendiri makanan yang diambilnya walaupun sesekali orang tua bisa membantunya jika ada makanan yang jatuh dan jauh dari jangkauannya (kalau sudah jatuh kebawah jangan diambil dan dikasih ke buah hati ya).

Lewat metode ini anak-anak yang sudah siap diberikan makanan pendamping ASI akan dibiarkan memilih dan mengunyah sendiri makanannya. Namun jangan mengabaikan dan tetap harus mengawasi dan mengontrol si buah hati akan menjadi hal pendukung yang amat dibutuhkan dalam hal yang satu ini. Seperti yang sudah dibahas diartikel sebelumnya umur 6 bulan bayi sudah mulai siap dan memang sudah saatnya diperkenalkan pada makanan pendamping selain dari pada ASI yang diberikan oleh ibunya.

Pengertian baby led weaning yang sudah banyak dikenal ibu-ibu yang sudah mempunyai anak atau yang akan segera mempunyai anak. Ini melatih kemandirian anak karena metode ini dibiarkan untuk mengambil sendiri makanannya dan menikmati apa yang ia pilih. Lalu apakah metode ini aman dan sehat untuk memperkenalkan makanan pada bayi? Ahli gizi menjawab ya ini aman. Efek jangka panjang dari pndekatan metode ini akan dirasakan oleh anak pada saat ia beranjak besar.

Selain itu, pendekatan yang memberikan keleluasaan anak untuk memilih makanannya sendiri dengan mengatakan “selamat makan nak” dan menawarkan anak bayi untuk makan dengan menempatkan makanan tepat didepannya akan membuat mereka mendapatkan control dari proses makannya. Simak berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menerapkan metode baby led weaning pada bayi :

  1. Makan bersama

Makanlah bersama dengan anggota keluarga adalah waktu yang sangat berharga dan disini bisa mengasa kemampuan BLWnya dengan baik. Sifat di kecil yang suka meniru, akan membuat ia merasa bersemangat makan sendiri.

  1. Pilihan makanan

Tidak terlalu sulit memilih makanan yang diberikan pada si kecil. Hal ini dikarenakan anak bayi belum mengetahui ragam dan jenis makanan yang ia sukai sehingga ia belum mampu memilih makanan apa yang menjadi fav. Tidak ada salahnya anda tawarkan makanan yang mengandung gizi yang baik seperti wortel, brokoli, dan semua jenis sayuran dengan cara anda kukus ini akan memungkinkan si kecil mudah mengunyah.

  1. Berikan beberapa pilihan

Berikan pilihan yang beragam dalam memberikan makanan dapat menentukan apa yang akan ia santap. Jajarkan beberapa jenis makanan seperti sayur, buah atau jenis makanan lainnya yang aman.

Bila bayi sudah terbiasa menggunakan BLW maka ia akan mencoba berbagai macam makanan yang lebih besar. Jika bayi anda mempunyai kakaknya perhatikan jangan sampai makanan kakanya seperti ciki dan makanan lainnya tidak dimakan si kecil. Bersihkan BLW sangat bersih untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Pantau jenis makanan apa saja yang masuk ke mulut si kecil.

Biarkan buah hati anda makan sendiri di tengah-tengah sarapan dan waktu makan siangnya, serta sore menjelang malam jangan biarkan waktu BLW dilakukan pada saat si kecil benar-benar sedang lapar, karena bisa jadi si kecil malah mengamuk apabila jenis makanan tidak sesuai dan ia tidak suka.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menerapkan metode BLW yang sering orang tua debatkan atau penasaran akan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Reply