Cari Tau Apa Itu Breast Milk Jaundice? Dan Bagaimana Menghadapinya

Cari Tau Apa Itu Breast Milk Jaundice Dan Bagaimana Menghadapinya

Ketika ada beberapa bayi yang baru dilahirkan harus menghadapi yang namanya bilirubin. Apa itu bilirubin biasanya dikenal dengan kata kuning yaitu senyawa pelepasan sel darah merah yang dikeluarkan plasenta melalui kencing/urin dan feses agar tidak terjadinya penumpukan yang mengakibatkan bayi kuning. Ini biasanya dan akan terjadi pada usia bayi 2-4 hari dan akan sembuh pada hari ke 7. Ketika kondisi bayi buah hati anda mengalami hasil yang berbeda-beda dari setiap hasil checknya. Jika anak mengalami hasil kadar billirubinnya meningkat dokterpun akan menyarankan rawat inap foto terapi untuk mengetahui penyebabnya.

Jika hasil kadar bilirubin menurun dan dokter mengatakan kondisi kuning buah hati anda karena ASI nah ini yang dikenal dengan sebutan breast milk jaundice. Pasti sebagian orang tua akan berfikir hal yang sama untuk menstopkan pemberian ASI namun dokter tidak menyarankan demikian karena bagaimanapun juga ASI adalah asupan yang paling penting untuk ibu dan anak. Dan apa yang dialami anak ibu (breast milk jaundice) adalah hal yang wajar dan normal saja.

Lalu mengapa bisa disebut dan bisa memastikan bahwa anak anda breast milk jaundice? Yaitu dari penyetopan ASI dan diganti dengan susu formula dan begitu keluar hasilnya bilirubinnya menurun dan ini bisa dipastikan breast milk jaundice. Lalu pertanyaan yang sering muncul. Lalu mengapa bisa kuning karena ASI? Ini dikarenakan adanya kandungan yang terdapat di ASI yang dapat meningkatkan bilirubin dan mengurangi kemampuan hati bayi untuk mengguraikannya dan juga karena fungsi hati yang belum sempurna. Namun perlu menjadi catatan hal ini normal dan ibu jangan pernah berhentikan ASI untuk buah hatinya.

Pada bayi yang mengalami breast milk jaundice ini berbeda-beda sampai berapa lama akan mengalaminya. Ada yang sebentar ada juga yang lama lebih dari 3 bulan. Balik lagi disetiap bayi berbeda-beda. Namun ini terjadi tidak pada semua bayi ya. jadi untuk anda yang baru saja menjadi orang tua baru jika buah hati anda memang kuning ini merupakan hal yang normal namun perlu tetap diperhatikan dengan baik dan segera konsultasikan pada dokter. Dan perlu diketahui jika bilirubin meningkat dengan kadar yang tinggi ini bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan kerusakan otak, dan dapat menggangu pendengerannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membawa hal baik untuk orang tua baru yang baru mengenal breast milk jaundice.

Reply