Cari Tau Apa Penyebab Air Ketuban Hijau?

Cari Tau Apa Penyebab Air Ketuban Hijau

Seperti yang diketahui pada umumnya setelah ibu melahirkan pertanyaan yang pertama kali muncul yaitu apakah bayinya sehat dan tidak ada kelainan? Dan masih banyak lagi. Ini adalah hal yang wajar, karena setiap pasangan pastinya menginginkan kelahiran buah hati yang sehat, sempurna dan tidak kekurangan apapun. Namun selain itu ada hal penting yang sering dilupakan yaitu keadaan air ketuban. Apakah jernih, hijau, berbau atau bahkan keruh? Namun sebelum bidan atau dokter memberi tahu anda. Pasti ini sebuah pertanyaan yang jarang sekali ditanyakan.

Namun satu hal yang harus anda ketahui bahwa cairan ketuban yang normal pada umunya memiliki warna yang bening atau bahkan tidak memiliki warna. Lalu bagaimana jika warna air ketuban tersebut berbeda, misalkan saja seperti yang akan kita bahan kali ini air ketuban hijau, ya warna hijau, pertanda apakah itu? Kami akan memberitahu ada beberapa penyebab dan factor terjadinya air ketuban hijau. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Infeksi
  2. Hamil lewat waktu
  3. Gangguan pada janin

Air ketuban ini bisa saja terinfeksi jika sudah lama ketuban tersebut pecah dan tidak segera dilakukan tindakan persalinan, sehingga banyak kuma yang masuk kedalam ketuban tersebut. Dan hal ini pastinya bisa menggangu keadaan bayi yang memang masih berada didalam rahim. Untuk itu pentingnya anda ketahui bahwa normalnya masa kehamilan yaitu berlangsung selama 37-42 minggu. Jika melewati minggu yang telah di tentukan, maka bisa disebut dengan hamil lewat bulan atau hamil lewat waktu (overdue pregnancy). Dan bagaimana kalau kehamilan melewati waktu 42 minggu? Maka bagian plasenta akan semakin menua bahkan tidak akan berfungsi dengan baik.

Dan pada kondisi ini keadaan plasenta yang sudah tidak berfungsi dengan baik juga bisa menyebabkan pasokan oksigen berkurang untuk janin dalam kandungan. Bukan hanya itu kemungkinan besar ketuban juga akan pecah dengan sendirinya, dan bahayanya bisa terminum oleh janin dalam kandungan, dan hal ini bisa menyebabkan infeksi terhadap janin. Dan ini bisa menyebabkan air ketuban berwarna hijau. Dan jika anda salah satu yang sedang mempersiapkan masa kelahiran dan jika air ketuban anda terlihat kental dan berwarna hijau, maka hal tersebut bisa membahayakan keselamatan janin. Dan kemungkinan besar bayi akan mengalami sindrom aspirasi meconium yaitu kondisi dimana meconium akan terhisap oleh bayi ketika mereka dilahirkan, dan meconium tersebut bisa masuk kedalam paru-paru si kecil. Dan ini akan membahayakan kondisi kesehatan si kecil bahkan bisa menyebabkan kematian. Itu dia beberapa penyebab terjadinya air ketuban hijau, semoga artikel ini bermanfaat dan tetap semangat untuk bunda yang mau melewati masa persalinan.

Reply