Cari Tau Ciri-Ciri Usia Kandungan 3 Bulan Yang Perlu Diketahui Semua Ibu Hamil

Cari Tau Ciri-Ciri Usia Kandungan 3 Bulan Yang Perlu Diketahui Semua Ibu Hamil

Selain ibu hamil mengontrol dengan periksa ke dokter, tentunya kita sebagai calon ibu harus mengetahui ciri-ciri memasuki usia kandungan 3 bulan. Ketika kehamilan sudah disadari tentu banyak hal yang harus anda ketahui terkait kehamilan 3 bulan ini yang akan kami bahas. Mari cari tau ciri-cirinya, perkembangan dan pertumbuhannya di usia kandungan ke 3 bulan.

Di usia kehamilan ini anda akan banyak mengalami cirri hamil 3 bulan yang umumnya dialami ibu hamil, seperti morning sickness, mudah emosi karena terjadinya perubahan hormone, serta merasa mudah lelah. Ketika hal tersebut terjadi, maka penting bagi anda untuk mengontrol tubuh anda guna menjaga kesehatan tubuh serta janin yang ada didalam kandungan. Bukan hanya itu masih ada beberapa cirri lainnya yang memang sangat penting untuk diketahui diantaranya :

  1. Perubahan dan cirri-ciri fisik

Ciri-ciri hamil 3 bulan masih sama dengan cirri hamil 1 atau 2 bulan, dimana pada usia kehamilan ini anda masih akan merasakan yang namanya morning sickness, mudah merasa lelah, bahkan diusia kehamilan 3bulan gairah seks anda mulai menurun.

Kondisi perut anda memang belum menunjukkan adanya perubahan, namun di usia kehamilan akhir trimester pertama ini kondisi rahim anda mulai sedikit berubah, yaitu berada dibagian atau panggul.

Bukan hanya itu anda juga akan mengalami perubahan yang terjadi pada payudara. Karena diusia kehamilan ini bagian payudara anda akan berubah menjadi lebih besar serta terasa jauh lebih lembut. Bahkan pada bagian puting jauh lebih berwarna gelap dari sebelumnya.

Mungkin saja anda masih akan merasakan pusing dan lelah yang dikarenakan efek dari morning sickness.

  1. Perubahan dan ciri-ciri emosional

Diusia kehamilan 3 bulan ini, ibu hamil kerap kali merasa cemas akan kondisi janin yang ada didalam kandungan, itu wajar dialami dan umum terjadi pada ibu hamil.

Rasa khawatir atau rasa cemas yang anda rasakan ternyata bisa berpengaruh terhadap suami atau pasangan anda.

Dan juga penting anda ketahui, bahwa di usia kehamilan 3 bulan ini, sejumlah organ si janin dalam kandungan mulai terbentuk dengan sangat baik dan sempurna. Bahkan hampir semua bagian organ penting sudah berhasil terbentuk. Mulai dari tangan, jari-jari tangan, kaki beserta jari-jemarinya, mulutpun sudah terbentuk dengan baik. Organ didalam tubuhpun sudah terbentuk dengan baik bahkan sudah lengkap, bahkan hati juga sudah bisa memproduksi empedu dengan sangat baik. Bagian urine serta system peredaran darah juga mulai bekerja dengan sangat baik. Diusia kehamilan 3 bulan ini, janin yang ada didalam kandungan mulai memiliki ukuran yaitu sekitar 7,6-10cm panjangnya dan berat sekitar 28gr atau bisa mencapai 1ons.

Itu dia beberapa ciri usia kandungan 3 bulan yang memang harus anda ketahui walaupun anda selalu rutin periksakan kondisi kandungan anda ke dokter. Semoga bermanfaat artikel ini dan jangan lupa jaga kesehatan anda dan juga janin dalam kandungan.

Reply