Cari Tau Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus

Cari Tau Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus

Cari tau factor penyebab anak berkebutuhan khusus yang memang harus mendapatkan perhatian lebih dari lingkungan sekitar atau keluarga. Ada macam-macam jenisnya seperti ADD, ADHD. Namun di Indonesia sendiri yang masuk kategori ABK atau anak berkebutuhan khusus biasanya mereka yang didiagnosa dengan gangguan autism. Banyak yang belum mengetahui dengan pasti apa penyebab sebenarnya dari kondisi ini. Namun diduga hal tersebut dikarena beberapa factor yang akan kami jelaskan berikut ini :

  1. Genetic

Factor genetic ini disebabkan karena terjadi kelebihan kromosom yang disebabkan oleh persamaan gen pada orang tua anak (suami atau istri). Factor genetic ini bisa di sebabkan karena saat ibu hamil kurang ideal maksudnya diusia 35 tahun. Sekilas info semakin tua usia ibu saat hamil maka semakin tinggi resiko melahirkan anak berkebutuhan khusus.

  1. Infeksi

Kondisi anak berkebutuhan khusus bisa disebabkan karena terjadinya infeksi pada janin saat ibu mengandung. Misalnya infeksi disebabkan karena rubella, toksoplasma, herpes, dll.

  1. Trauma

Kondisi anak berkebutuhan khusus bisa di sebabkan karena adanya trauma yang dialami anak saat proses dilahirkan. Misalkan anak sulit untuk dilahirkan sehingga mengaharuskan anak anda dikeluarkan dengan alat yang menyebabkan anak kekurangan oksigen pada otak dan akhirnya mengalami gangguan pada otak khususnya dibagian perkembangan. Dan juga bencana alam bisa menyebabkan kelainan pada anak.

  1. Racun

Ini merupakan factor lainnya anak berkebutuhan khusus. Misalkan ibu mengalami keracunan saat sedang mengandung. Keracunan bisa disebabkan oleh apa saja misalkan alcohol, atau obat-obatan tertentu. Pencemaran udara atau polusi juga memicu keracunan pada bayi dan menggangu perkembangan otaknya.

  1. Kurang gizi

Ternyata factor kekurangan gizi bisa menyebabkan anak berkebutuhan khusus. Asupan dengan gizi dan nutrisi yang baik dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak. Agar terhindar dari gangguan autis atau berkebutuhan khusus.

Meskipun beberapa factor diatas diduga tidak 100% benar. Untuk itu agar memaksimalkan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan dengan menjaga pola makan dan pola hidup. Tentunya dengan begitu bisa meminimalisir terjadinya kondisi anak berkebutuhan khusus. Semoga bermanfaat dan artikel ini menambah wawasan orang tua pentingnya lebih memperhatikan tumbuh kembang anak.

Reply