Cari Tau Posisi Bayi Dalam Kandungan Seperti Apa

Cari Tau Posisi Bayi Dalam Kandungan Seperti Apa

Semakin berkembangnya masa kehamilan semakin anda merasakan pergerakan bayi didalam kandungan. Bunda tau bahwa ini salah satu cirri bahwa kehamilan anda dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. tidak dalam hitungan jam posisi bayi akan seperti itu saja. sehingga kerap kali anda akan merasakan gerakan di dalam rahim. Walaupun tidak semua bayi akan melakukan perubahan posisi tersebut. Secara umum pada posisi tersebut lebih sering terjadi pada tahap akhir kehamilan atau mendekati waktunya persalinan.

Pada posisi tersebut biasanya posisi horizontal/melintang maupun posisi sungsang. Jika terjadi posisi sungsang maka dikhawatirkan terjadi cacat pada bayi dan mengalami kesulitan pada waktu persalinan. Disarankan tidak ada salahnya untuk anda mengetahui berbagai posisi bayi di dalam kandungan guna menambah wawasan dan pengetahuan seputar kehamilan dan ini penting agar sewaktu-waktu jika ada hal yang tidak diingikan ibu sudah mengetahui bahwa itu posisi normal yang bayi alami.

Berikut ini beberapa posisi bayi dalam kandungan yang perlu diketahui :

  1. Posisi sungsang

Salah satu posisi yang ditakutkan oleh kebanyakan ibu yaitu posisi sungsang. Menurut hasil survey menyatakan bahwa dari 100 bayi dilahirkan terdapat 4-5 bayi dengan posisi sungsang.  Sungsang adalah posisi kepala bayi tidak berada dibawah, namun diatas sehingga kaki dan bokongnya berada dijalan lahir. Pada proses ini sangat rentan menyebabkan bayi susah dalam proses persalinan normal. Pemeriksaan kandungan secara teratur sangat penting dilakukan oleh setiap ibu hamil agar mencegah jika terjadinya gangguan pada kehamilan. Jika tidak memungkinkan maka dokter akan mengambil tidakan operasi Caesar.

  1. Posisi kepala dibawah

Posisi ini merupakan posisi yang umum pada kehamilan normal. Perubahan posisi ini akan terjadi menjelang persalinan. Posisi kepala bayi akan mengarah ke bawah menuju jalan lahir pada usia kehamilan 8/9 bulan. Namun jika terjadi pada usia ke 8 bulan sangat rentan menyebabkan kurangnya ruang didalam rahim.

  1. Posisi posterior

Secara umum bayi yang dilahirkan normal posisinya akan menghadap kepunggung ibunya. Bayi dengan posisi ini disebut posisi posterior posisi wajah bayi menghadap ke perut sang ibu. Posisi tersebut akan menyebabkan nyeri punggung selama menjalani proses persalinan.

  1. Posisi melintang

Pada posisi ini kadang ditemukan pada beberapa bayi. Kepala dan kaki bayi berada dibagian sisi kanan dan kiri dari tubuh sang ibu atau bahkan sebaliknya. Posisi ini terbilang posisi yang langka, dan pada posisi ini menyebabkan bayi kesulitan untuk memutar arah sehingga rentan mengalami kecacatan secara structural.

Itu dia beberapa posisi bayi didalam kandungan yang memang harus rutin dilakukan guna mengetahui apakah posisi itu normal atau tidak menjelang persalinan. Semoga artikel ini membantu.

Reply