Ciri-Ciri Hamil Yang Perlu Diketahui Semua Wanita

Ciri-Ciri Hamil Yang Perlu Diketahui Semua Wanita

Mempunyai keturunan merupakan suatu anugerah yang harus di syukuri bagi setiap pasangan yang baru saja menikah. Tentu rasanya pasti tidak sabar ketika menunggu buah hati didalam kandungan ibu untuk lahir ke dunia melengkapi kesempurnaan rumah tangga anda dengan pasangan. Untuk itu banyak beberapa pasangan yang memang belum bisa dikaruniakan keturunan setelah menikah mengusahakan segala cara agar tidak terlalu lama mimpi bersama pasangan terwujud dengan baik.

Tentu sebelum kelahiran buah hati kedunia anda sebagai istri akan melewati proses yang berbeda dari biasanya anda alami. Proses ini dikenal dengan proses kehamilan. Kehamilan adalah sebuah proses tumbuh kembang janin dalam rahin seorang perempuan selama kurang lebih  9 bulan dan akhirnya bayi siap dilahirkan ke dunia. Sebelum anda akan melewati proses tersebut atau sekarang anda sedang melewatinya, yuk mari cari tau ciri-ciri hamil yang memang akurat bisa dirasakan setiap wanita, sehingga anda dan pasangan tidak menduga-duga apakah ini kehamilan atau tidak. Ciri-ciri kehamilan yang akan kami jelaskan merupakan tanda-tanda kehamilan pada minggu pertama, karena tidak semua ciri-ciri menunjukkan bahwa anda hamil. Pada periode awal kehamilan, banyak perubahan hormone yang dapat terjadi pada tubuh. Dan perubahan inilah yang dapat memicu terjadinya reaksi atau gejala kehamilan, simak berikut ini :

  1. Terlambat datang haid

Untuk ciri-ciri yang satu ini bukan berarti bahwa anda hamil. Namun pada umumnya jika anda dan pasangan sudah melakukan hubungan suami istri dan anda terlambat datang haid perlu menjadi salah satu bukti bahwa anda hamil. Setiap wanita pada wajarnya bisa mengalami siklus menstruasi setiap bulannya, namun ketika anda mengalami telat datang haid atau menstruasi akan dimungkinkan bahwa anda mengalami kehamilan. Keterlambatan haid yang perlu dicurigai yaitu jika anda tidak mengalami menstruasi pada periode sampai 30 hari, maka tunggulah sampai 1-2 bulan. Apakah anda tidak mengalami siklus menstruasi ataukah memang siklus menstruasi bulan ini terganggu. Jangan lupakan periksa ke dokter kandungan jika setelah 1 minggu pertama anda tidak mengalami siklus menstruasi seperti biasanya.

  1. Seperti akan menstruasi

Ciri-ciri kehamilan yang satu ini sedikit membuat anda bingung. Karena ciri-ciri ini sering ditandai dengan gejala seperti akan menstruasi. Biasanya anda mengalami gejala yang tidak nyaman, gejala tersebut menandakan jika anda akan segera menstruasi dan terkadang suka merasa seperti keluar darah namun setelah dilihat tidak ada sama sekali. Nah ketika anda merasakan seperti akan haid, namun tidak datang juga dan mengalami keterlambatan haid, maka akan menutup kemungkinan bahwa anda mengalami kehamilan. Namun perlu menjadi catatan anda harus tetap berhati-hati mengalami gejala seperti ini, karena tidak sedikit wanita yang mengalami gangguan seperti ini. Lebih baik anda periksakan hal ini langsung ke dokter.

  1. Sering mengalami kram perut

Kram perut yang lazim dan wajar dialami seorang wanita yang sedang hamil yaitu akan mengalami kram perut pada bagian bawah. Mereka akan mengalami seperti sedang haid. Kram pada bagian bawah perut biasanya dirasakan oleh seorang wanita seperti ada yang tumbuh. Namun sebenernya kram perut disebabkan oleh otot-otot rahim yang mulai membesar dan meregang dalam proses pembentukkan embrio. Walaupun ukuran janin sudah terlihat, namun kantung sebagai tempat berkembangnya mulai mengalami pembesaran. Nah ukuran janin tentu dapat menyebabkan kram perut semakin lebih sering. Lalu kondisi ini harus diwaspadai ketika anda mengalami gejala kram perut yang berlebihan. karena hal ini dapat disebabkan oleh gangguan kehamilan atau kehamilan ektopik.

  1. Perut bawah akan mengalami kedutan

Ketika anda mengalami perut yang berkedut lebih sering atau perut seperti dipukul atau ditarik. Kondisi ini biasanya dialami oleh seorang wanita pada satu minggu pertama atau beberapa minggu kedepannya. Pada keadaan ini anda merasa tidak nyaman, nah semua ini rentan dialami oleh seorang wanita ketika sedang hamil. Jika anda mengalami kedutan dan terasa lebih kuat harus waspada ya dan periksakan ke dokter.

  1. Perut akan membengkak

Ciri-ciri kehamilan satu ini jarang terjadi. namun jika anda merasa perut telihat membengkak, ini dikarenakan tubuh sedang membentuk hormone progesterone yang akan lebih banyak dibandingkan masa sebelum hamil. Ciri-ciri kehamilan ini akan terlihat beberapa minggu sejak kehamilan terjadi. segera periksakan ke dokter agar lebih yakin dan pasti.

  1. Lendir vagina lebih banyak

Satu ciri kehamilan yang dialami seorang wanita yaitu munculnya lendir yang berlebihan dari dalam vagina. Ciri-ciri lendir ini biasanya lebih tebal, lebih licin, berwarna putih kecoklatan dan sangat susah dihilangkan. Bau yang yang muncul pada keputihan adalah hal yang wajar, namun jika keputihan menghasilkan bau yang luar biasa dan membuat anda tidak nyaman. Perlu diwaspadai ibu dapat periksakan kondisi ini ke dokter spesialis kandungan.

  1. Mual dan muntah

Perubahan hormone yang terjadi pada masa kehamilan satu ini sangat jelas. Dimana kondisi ini dapat menyebabkan bagian pencernaan menjadi melemah. Hal inipun mengubah kadar asam lambung menjadi meningkat. Oleh karena itu pada saat kondisi ini terjadi maka mual dan muntah menjadi kondisi yang tidak dapat dihindari. Namun balik lagi tidak semua mual dan muntah di indikasikan adanya kehamilan. Namun jika anda dan pasangan sudah melakukan hubungan intim maka biasanya gejala ini akan menunjukkan mungkin kehamilan lebih besar. Segera konsultasikan ke dokter agar tidak menduga hal-hal yang tidak pasti.

  1. Hilangnya nafsu makan

Tanda atau ciri orang hamil berikutnya yaitu hilangnya nafsu makan. Ini disebabkan akibat terjadinya mual dan muntah yang seringkali dialami. Dimana kondisi ini terjadi adanya pergejolakan hormone didalam tubuh. Pada kondisi ini cenderung membuat mereka menjadi enggan untuk makan dan kehilangan nafsu makannya. Namun balik lagi semua itu tidak bisa dinyatakan anda positif hamil, segera konsultasikan ke dokter kandungan agar mendapatkan hasil yang akurat.

  1. Sering buang air kecil

Wanita yang sedang hamil pada umumnya akan cenderung lebih sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena adanya pembesaran ukuran rahim atau uterus yang lebih mengembang. Kondisi ini kemudian menekan bagian kandung kemih tempat urin terakumulasi. Sehingga mengembang akan mampu membuat hasrat ingin buang air kecil menjadi lebih mudah. Untuk itu coba hindari terlalu banyak minum ketika takaran kebutuhan cairan didalam tubuh sudah terpenuhi.

  1. Pegal-pegal

Anda dan ciri kehamilan yang bisa diihat pada wanita yaitu pasa masa awal kehamilan. Kondisi pegal-pegal yang lebih rentan dialami. Dan ini dipicu dengan tingginya kadar progesterone selama masa kehamilan. Dan ini menyebabkan bagian otot pada wanita mengalami penegangan dan membuatnya merasa pegal. Namun seperti yang sudah ditekankan ciri yang satu ini tidak 100% tanpa ada bukti yang akurat. Segera periksakan ke dokter kandungan agar anda dan suami bisa mengetahui hasil yang lebih menyakinkan.

Semoga artikel ini membantu dan menambah wawasan anda tentang ciri-ciri hamil yang terjadi pada wanita yang sudah berhubungan intim. Jangan lupa jika anda sudah dinyatakan positif hamil konsumsi makanan yang bernutrisi, memilih dokter kandungan yang baik, ubah gaya hidup anda, ikuti perkembangan bayi, kenali tanda bahaya kehamilan. Semoga bermanfaat selamat untuk anda yang positif hamil.

Reply