Ciri-Ciri Kanker Payudara Yang Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Ciri-Ciri Kanker Payudara Yang Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Ini adalah jenis penyakit yang tergolong kanker yang menakutkan setelah kanker serviks. Kanker stadium1 adalah stadium awal. Kanker ini berupa benjolan kecil berukuran 2cm atau lebih kecil dari ukuran yang dikira-kirakan. Benjolan ini masih belum menyebar di kelenjar getah bening dibagian ketiak. Ketika anda sudah mengetahui adanya kanker ini segera mendapatkan tindakan dari dokter guna untuk mencegah kemungkinan terburuk dari kondisi ini.

Tentu dengan adanya penyakit ini wanita pastinya berusaha mengecek bagian tubunya apakah ada yang aneh. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara anda, pada umumnya hormonal, gaya hidup dan factor lingkungan menjadi salah satu pemicu yang patut dicurigai karena kebanyakan orang diluar sana yang mengidam penyakit kanker payudarh menerapkan dengan pola hidup yang tidak sehat. Namun tidak semua orang ya dengan pola hidup yang tidak sehat akan terkena penyakit kanker payudara ini. Dan kali ini kami akan membahasnya ciri-ciri kanker payudara yang bisa terjadi pada siapa saja, dan penting sekali untuk dikenali.

Ada beberapa factor memungkinkan anda bisa terserang penyakit ini. Jika anda sudah berusia 50tahun atau lebih, jika anda memiliki keluarga dekat yang terkena penyakit ini bisa saja ini factor dari keturunan yang terjadi pada anda. Dan bahayanya gen tertentu dalam tubuh yang disebut dengan BRCA1 dan BRCA2 dimana gen ini dapat meningkatkan resiko seseorang terhadap serangan kanker satu ini. Bahayanya bahkan bisa diteruskan diketurunan selanjutnya. Langsung saja simak berikut ini ciri-ciri kanker :

  1. Benjolan/penebalan disekitar payudara

Ini merupakan salah satu ciri awal yang paling sering terjadi dan harus diperhatikan khusus. Jika anda wanita dan menemukan benjolan didaerah ketiak dan sekitar payudara harus diwapadai biasanya ini terjadi tanda dimana awal timbulnya kanker payudara pada stadium awal. Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika mau mendapatkan hasil yang 100% akurat. Adapula tanda benjolan kanker yang muncul yaitu :

  • Benjolan terasa keras
  • Kulit payudarah mempunyai lesung pipit
  • Benjolan yang tidak mudah dibedakan.
  • Tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya
  • Benjolan stay tidak bergerak-gerak.
  • Hanya ada 1 benjolan
  • Benjolan di sertai dengan keluarnya cairan.
  1. Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Bisa dilihat dari perubahan ukuran dan bentuk payudara anda. Jika terjadi keanehan pada salah satu payudara anda sangat penting sekali anda periksa dan perhatikan lebih lagi. ukuranpun bisa dilihat jika terjadi kejanggalan bisa langsung ke dokter.

  1. Terdapat kerutan disekitar bagian payudara

Jika dan memang terkena gejala penyakit kanker payudara ini terjadi pada anda, kerutan mungkin saja dijumpai pada bagian tertentu saja. jika anda mau mengecek kondisi ini anda bisa coba bercermin dan kenali payudara anda dengan mengelusnya secara perlahan. Jika terjadi kerutan di sekitar payudara segera konsultasikan ke dokter.

  1. Keluarnya cairan pada bagian puting secara tiba-tiba

Hal yang menjadi kesusahan untuk ibu hamil yang sedang menyusui sulit membedakan. Ketika sedang tidak menyusui tiba-tiba keluar cairan pada bagian putting. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai anda anggap sepele. Cara membedakan cairannya yaitu cairan yang merupakan tanda kanker payudara berupa putih atau bening dan teksturnya kental atau encer. Sebaiknya ini dibutuhkan perhatian khusus dan segera periksakan ke dokter.

  1. Timbulnya perasaan nyeri yang tidak kunjung menghilang pada bagian payudara

Pada ciri yang satu ini suka salah di artikan menjadi tanda-tanda mestruasi. Akan tetapi untuk gejala kondisi umum perasaan nyeri dapat menghilang dengan sendirinya. Namun jika kondisi rasa nyeri tidak kunjung hilang ini perlu di waspadai ya dan jangan anggap sepele segera periksakan ke dokter sebelum terlambat.

  1. Payudara yang Nampak kemerahan dan bengkak

Jika anda mengalami perubahan yang drastic pada warna kulit yang terdapat disekitar payudara seperti merah, dan bengkak ini harus di waspadai juga periksakan ke dokter spesialis atau dokter terdekat agar anda mendapatkan penanganan yang terbaik.

  1. Puting yang masuk kedalam

Putting pada umumnya akan timbul. Terutama jika tersentuh. Namun saja bisa terjadi keanehan yang perlu anda perhatikan, yang tidak sewajarnya anda harus periksakan ke dokter segera mungkin ya.

Itu dia beberapa ciri-ciri kanker payudara versi kami yang bisa disampaikan melalui artikel ini. Semoga bermanfaat dan menjadikan artikel ini sebagai pengetahuan lebih. Salam sehat!

Reply