Contoh Senam Ibu Hamil Yang Baik Untuk Janin

Senam ibu hamil memang perlu dilakukan dalam menjalani masa kehamilan yang sehat tentunya banyak hal yang sebaiknya dilakukan oleh setiap ibu hamil. Ketika anda dan suami memutuskan untuk dan mau mempunyai keturunan tentu penting untuk memperhatikan segala hal yang tentunya berpengaruh terhadap kesehatan janin dan juga ibu hamil. Ketika anda sudah menjaga asupan makanan namun belum menjaga kebugaran tubuh sama saja percuma. Untuk itu keduanya harus seimbang dan sesuai.

Dengan menjaga kesehatan selama masa kehamilan tentunya sangat penting sekali untuk diperhatikan oleh masing-masing ibu hamil. Salah satunya yaitu kebugaran tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan aktivitas sehat untuk ibu hamil seperti melakukan olahraga ringan khusus ibu hamil atau senam hamil. Melakukan olahraga saat hamil tentunya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin hingga tumbuh dan berkembang dengan baik.

Setiap olahraga yang orang lakukan penting sekali untuk dilakukan sehingga halini memberikan dampak positif terhadap kehamilan dan juga tumbuh kembang janin. Setiap ibu hamil tentu mau disaat masa persalinan semuanya diberikan kelancaran, dan sebelum masa persalinan agar ibu selalu bisa merasakan bahwa tubuhnya sehat dan senang, agar janinpun ikut memberikan pengaruh yang baik. Simak berikut ini beberapa tips gerakan senam ibu hamil yang bermanfaat :

Contoh Senam Ibu Hamil Yang Baik Untuk Janin 1

  1. Posisi duduk bersila

Salah satu gerakan senam hamil yang bermanfaat adalah dengan posisi awal melakukan posisi bersila. Gunakan alas matras untuk duduk sehingga tidak langsung terkena lantai. Tujuannya untuk ibu hamil juga lebih leluasa. Saat anda sudah duduk bersila, posisi tangan kanan dan kiri berada disisi tubuh, siku dan telapak tangan menempel pada lantai. Jika sudah dalam posisi ini maka perlahan atur nafas anda dengan baik secara berulang dan lakukan beberapa gerakan dengan mengangkat kedua tangan dibagian samping. Ini merupakan gerakan dasar dalam senam hamil.

Contoh Senam Ibu Hamil Yang Baik Untuk Janin 2

  1. Posisi berbaring

Posisikan tubuh anda dalam kondisi berbaring dan lakukan beberapa gerakan untuk membuat tubuh rileks, gunakan dinding rumah untuk tumpuan kaki, posisikan tangan berada dibagian samping tubuh dan hadapkan telapak tangan ke bagian atas tubuh. Lakukan pernafasan dengan rileks dengan cara memejamkan mata.

Contoh Senam Ibu Hamil Yang Baik Untuk Janin 3

  1. Posisi merangkak

Posisi merangkak posisi tubuh ini siku tangan diluruskan dan usahakan untuk pandangan mata focus ke depan dengan posisi pala terangkat serta bagian punggung terangkat juga. atur nafas dengan baik secara perlahan lalu lengkungkan untuk posisi punggung ke bagian depan. Setelah itu atur nafas yang baik dan kemudian luruskan kembali posisi punggung kearah yang semula. Lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan dan berulang dengan rileks.

Contoh Senam Ibu Hamil Yang Baik Untuk Janin 4

  1. Posisi miring berbaring

Gerakan yang satu ini dengan mengambil posisi lutut sebelah kanan kebagian depan dan usahakan untuk memposisikan lutut kiri kebelakang. Usahakan untuk posisi badan miring ke samping dengan kedua lutut dan juga tangan dalam posisi menekuk.

Contoh Senam Ibu Hamil Yang Baik Untuk Janin 5

  1. Posisi berbaring terlentang

Posisikan badan dalam kondisi berbaring dan tangan memegang kedua mata kaki, lakukan oleh nafas dengan baik dan gerakan badan ke depan dan kebawah. Lakukan gerakan ini secara berulang dengan baik dan benar. Gerakan dasar senam hamil ini akan mempengaruhi kesehatan dan juga tumbuh kembang janin dengan baik.

Contoh Senam Ibu Hamil Yang Baik Untuk Janin 6

  1. Gerakan mengayuh sepeda

Lakukan juga gerakan senam ibu hamil dengan mengayuh sepeda dalam posisi terlentang. Untuk melakukan gerakan ini cukup mudah yaitu dengan posisi tubuh terlentang dan berbaring, kemudian sangga kepala dengan bantal dan luruskan kedua kaki dan tekuk dibagian atas. Lakukan gerakan ini berulang dan putarkan pergelangan kaki secara bergantian kearah kiri dan kanan.

contoh senam ibu hamil yang baik untuk janin 7

  1. Gerakan sujud

Gerakan seperti sujud ini untuk mengatasi posisi bayi yang sungsang. Dengan gerakan sujud ini maka akan membuat posisi janin janin berada dijalan lahir yang baik. Untuk menggerakan senam ini sangat mudah, pertama sujud naikkan area panggul, majukan telapak tangan dan posisi kedua tangan lurus. Usahakan posisi dagu dan kening menempel pada bagian lantai. Pose ini anda lakukan beberapa kali dengan rentang beberapa menit. Lakukan gerakan ini secara rutin untuk memperbaiki posisi janin dengan baik.

Jangan lupa atur pengaturan olahan nafas dengan baik. Latihan nafas atau meditasi oleh setiap ibu hamil dalam upaya untuk membuat rileks dan juga untuk persiapan proses persalinan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bunda.

Reply