Daftar Pertanyaan Ketika Melakukan Pemeriksaan Kehamilan

Daftar Pertanyaan Ketika Melakukan Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan sangat penting untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Dengan melakukan pemeriksaan maka dapat mendeteksi dini masalah kesehatan yang membahayakan bayi dikemudian hari. Pusat kesehatan dunia, WHO menyarankan agar melakukan pemeriksaan kehamilan setiap satu bulan sekali dari hitungan usia kehamilan pertama sedangkan memasuki usia kehamilan 28 minggu, disarankan untuk memeriksakan satu bulan 2x hingga 4x mendekati usia persalinan. Nah jika anda ingin melakukan pemeriksaan diharapkan aktif bertanya agar membantu mengetahui perkembangan janin dan kesehatan anda, bisa juga anda membuat daftar pertanyaan ketika melakukan pemeriksaan kehamilan :

  1. Mulailah dengan bertanya usia kehamilan

Pertanyaan penting yang pertama kali ditanyakan yaitu usia kehamilan anda. Pada dasarnya akan menentukan dengan cara hari pertama haid. Dan juga melakukan pemeriksaan USG, ini dapat membantu anda yang lupa hari terakhir datang bulan. Pemeriksaan USG yang dilakukan di usia kehamilan yang muda akan membantu menentukan hasil yang akurat. Setelah melakukan USG jangan lupa tanyakan step apa yang harus dilalui.

  1. Tanyakan juga pemeriksaan yang harus dilakukan

Anda dapat melakukan pemeriksaan sebelum memasuki kehamilan melalui pemeriksaan torch. Hal ini berhubungan dengan persiapan kesehatan dan juga mengurangi resiko genetic yang sering kali tidak dapat di prediksi. Dan jika anda yang sudah memasuki usia kehamilan dapat melakukan pemeriksaan darah terutama untuk mengetahui HB, leukosit, trombosit dan juga hematokritnya. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengetahui gangguan yang seringkali menggangu kondisi ibu hamil seperti anemia.

  1. Jangan malu / sungkan untuk menanyakan kondisi kesehatan anda

Sebaiknya anda jangan malu/sungkan untuk bertanya mengenai kondisi kesehatan anda. Apabila ditemukan kondisi abnormal maka beberapa pemeriksaan lanjutan dapat menjadi pertimbangan, bahkan dalam kodnsi yang lebih buruk akan di prediksi cara yang tepat.

  1. Perlukah mengkonsumsi suplemen sesuai dengan kondisi kesehatan

Dalam beberapa kondisi tertentu anda disarankan untuk mengkonsumsi suplemen tambahan seperti asam folat di usia kehamilan tiga bulan untuk mencegah terjadinya cacat bawaan sedangkan apabila ibu hamil mengalami anemia maka akan diberikan supleman zat besi.

Reply