Dampak Negative Gadget Dalam Perkembangan Buah Hati

Dampak Negative Gadget Dalam Perkembangan Buah Hati

Dijaman yang semuanya semakin canggih dan modern saat ini tentu anak-anak sudah mulai penasaran dengan yang namanya gadget. Disinilah kita sebagai orang tua memang seharusnya bersikap bijak dalam memberikan alat komunikasi. Percayalah ketika gadget digunakan dengan bijak maka gadget akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak. Namun sepertinya orang tua yang belum bijak memberikan gadget pada buah hatinya masih banyak. Penggunaan yang tidak terkontrol akan memberikan dampak negative gadget, kesehatan dalam perkembangannya.

Dalam menyikapi perkembangan jaman dan teknologi pada era sekarang ini, penting sekali orang tua mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan gadget pada anak. Dalam hal ini memberikan batasan pada anak dalam penggunaan gadget sangat penting tujuannya agar tidak ketergantungan yang bisa memberikan dampak negative untuk tumbuh kembangnya. Setiap orang tua mempunyai pemikiran yang berbeda-beda. Namun ini perlu menjadi perhatian yang harus orang tua ketahui. Kita ambil contoh banyak sekarang teknologi yang canggih seperti gadget dijadikan sebagai mainan yang sembarang dan orang tua tidak bijak menggunakannya, dikala anak tidak mau makan, gadget menjadi sebagai penarik perhatian misalkan sambil makan anakpun main gadget jika tidak diberikan maka anakpun akan mogok makan tanpa orang tua sadari itu sangat menggangu perkembangan anak, bayangkan saja di era jaman sebelum sekarang (waktu orang tua dilahirkan) apakah ada yang namanya gadget dan semacam teknologi canggih yang memadai? Namun orang tua pun bisa tumbuh kembang dengan baik justru lebih berkualitas dibanding dengan jaman sekarang yang tidak bijak.

Berikut ini beberapa pengaruh gadget untuk anak yang perlu anda ketahui :

  1. Bahaya radiasi

Bahayanya radiasi menurut sebuah riset ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Radiasi yang mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan system imun anak.

  1. Menyebabkan kecanduan

Pengaruh lainnya yaitu menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Tentu hal ini berdampak negative terhadap perkembangan fisik dan mototik anak. Ketika buah hati anda sudah keasikan bermain gadget biasanya lupa makan dan asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya terganggu. Dan juga berdampak terhadap kepribadian yang cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi.

  1. Hambatan terhadap perkembangan

Anak yang sudah ketergantungan dengan gadget akan mengalami hambatan dalam proses perkembangannya. Hal ini dikarenakan anak yang sudah asik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat proses pertumbuhannya.

  1. Penyakit mental

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan secara terus menerus seperti setiap saat bisa menjadi pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis.

  1. Obesitas

Selain menghambat pertumbuhan yang pasti anak-anak akan mengalami yang namanya asik bermain gadget dan ini sangat beresiko mengalami kelebihan berat badan atau yang dikenal dengan obesitas. Mengapa seperti itu karena anak-anak akan kurang gerak sehingga terjadi penumpukan lemak yang mempercepat proses kenaikan berat badannya.

  1. Gangguan tidur

Ini sangat penting menjadi catatan, dimana ibu atau orang tua sebaiknya tidak memberikan anak bermain gadget pada malam hari, karena ini sudah dibuktikan akan mengalami gangguan tidurnya. Dan pada pengaruh kali ini, sangat sekali dibutuhkan peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget dan orang tua harus sangat bijak.

  1. Pengaruh tayangan/tontonan negative

Ada mungkin beberapa orang tua yang memang bijak dalam membatasi penggunaan gadget, namun ini sangat bahaya jika orang tua tidak menyadari bahwa anaknya membuka situs online yang mempernmtontonkan tayangan yang tidak seharusnya mereka lihat. Ini yang harus menjadi perhatian sangat khusus untuk orang tua.

Adapun saran yang bisa kami berikan demi tumbuh kembang anak kita. Untuk mencegah dampak negative yang terjadi. sebaiknya anda mulai menerepakan aturan yang pasti, anda bisa membatasi penggunaan gadget dijam2 tertentu maksimal 2jam setiap harinya. Jangan tidak memberikan aturan kepada anak dalam menggunakan gadget yang bisa dibilang tidak teratur asal anak nurut maka akan diturutin. Berikan pengawasan pada anak waktu menggunakan gadget sehingga si kecil lebih displin dan terkontrol dan yang pasti tidak menyalah gunakan gadget. Yuk jadilah orang tua yang bijak ini semua demi tumbuh kembang buah hati dan masa depannya.

Reply