Demam Saat Hamil Muda | Penyebab, Gejala, Resiko & Pengobatan

Demam Saat Hamil Muda Penyebab, Gejala, Resiko Pengobatan

Pastinya ketika anda sedang menjadi ibu hamil segala keadaan dan kondisi tentunya menginginkan tubuh yang sehat, namun ketika anda tidak menjaga kesehatan dan kodisi tubuh yang baik tentunya memberikan efek yang tidak baik bagi ibu dan janin. Contohnya saja demam merupakan sebuah kondisi dimana tubuh mengalami peningkatan suhu yang cukup tinggi. Suhu badan yang meningkat melebihi 37drajat celcius dan ini termasuk orang yang terkena demam. Tentunya demam termasuk penyakit yang umumnya di sebabkan oleh sebuah peradangan. Peradangan ini menjadi cirri bahwa tubuh sedang melawan suatu virus yang masuk kedalam tubuh manusia. Dan kali ini yang akan kami bahas, demam saat hamil muda apakah penyebab, gejala, resiko & pengobatannya. Simak berikut ini :

Demam tentu dapat menyerang siapa saja, baik orang tua maupun anak-anak bahkan seorang wanita yang sedang hamil mudapun. Jangan anggap sepele soal demam yang anda alami karena penyakit demam tidak dianggap bahaya jika tidak berlanjut lebih dari 3 hari. Pasalnya demam dengan waktu yang sangat lama akan menimbulkan suatu kondisi tubuh yang lebih parah seperti penyakit malaria, demam berdarah atau penyakit lainnya. Terutama untuk anda yang sedang hamil muda jika demam apakah hal ini sangat berbahaya? Simak berikut ini kami berikan beberapa poin tentang demam saat hamil muda mulai dari penyebab, bahaya dan cara mengatasinya :

Penyebab demam saat hamil muda, ini tanda adanya infeksi dalam kehamilan anda. Tentunya jika anda demam saat hamil muda anda sungguh harus bisa menanganinya yang baik agar tidak timbul gejala yang lainnya pertama adnaya infeksi virus tentu saat hamil anda mengalami suhu badan yang sangat tinggi, dalam kondisi ini jangan di biarkan begitu saja, terjadinya demam pada ibu hamil di sebabkan oleh infeksi virus yang rentan menyerang ibu hamil yaitu virus TORCH yang tentunya sudah kami jelaskan di website kami untuk itu jika anda yang belum tau apa itu virus TORCH segera anda cari. Virus ini kertika menyerang tubuh manusia akan memberikan gejala seperti demam. Virus ini ketika masuk ke dalam tubuh seorang ibu hamil muda tentunya sangat berbahaya selain menyebabkan kelainan pada otak, penglihatan, kelainan struktur tubuh dan kelainan jantung bawaan.

Kedua infeksi saluran kemih (ISK) penyebab ibu demam saat hamil muda adanya infeksi pada saluran kemih yang dikenal dengan sebutan ISK. Ini di sebabkan oleh infeksi bakteri dan kuman pada seluran kemih. Dan infeksi ini dapat menyebabkan perubahan hormonal selama hamil sehingga fungsi ginjal mengalami perubahan. Jika anda mengalami demam yang disertai dengan kencing yang sakit atau lebih sering kencing pada malam hari pada saat hamil muda, dimungkinkan anda mengalami infeksi saluran kemih. Dengan terjadinya penyakit infeksi saluran kemih ini resiko saatnya persalinan akan lahir premature dan kelainan pada janin.

Ketiga adanya infeksi malaria dalam kehamilan biasanya disebabkan oleh protozoa yang disebarkan oleh gigitan nyamuk anopheles. Gejala yang di timbulkan berbeda setiap ibu hamil, hal ini disebabkan oleh perbedaan system imunitas tubuh dan intensitas transmisi pada setiap ibu hamil. Gejala lain yang di timbulkan anemia dan splenomegali / pembesaran limpa.

Kurang mengkonsumsi asam folat ketika ibu hamil yang mengalami demam merupakan cirri bahwa ibu hamil kekurangan asupan asam folat. Tentunya asam folat salah satu zat yang di perlukan tubuh terutama ibu hamil dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Tentunya jika ibu hamil kekurangan asam folat sangat berakibat buruk bagi janin.

Perubahan suhu tubuh ini salah satu penyebabnya. Menurut survey membuktikan bahwa suhu tubuh ibu hamil yang sering berubah dan tidak stabil pada awal kehamilan akan menyebabkan bayi lahir cacat atau tulang belakang yang lambat berkmebang serta perkembangan otak bayi tidak maksimal.

Infeksi menular seksual selain infeksi saluran kemih. Demam saat hamil muda bisa di sebabkan oleh infeksi menular seksual yang secara langsung menyebar kedalam kandungan atau melalui peredaran darah. Jika persoalan ini tidak cepat di tangani maka akan menyebabkan bayi lahir premature dan keguguran.

Resiko yang dapat terjadi ketika seseorang ibu hamil terjangkit demam yang disebabkan oleh beberapa penyebab. Tentu inilah resiko yang harus diambil bagi dirinya dan juga janin yang dikandungnya, simak berikut beberapa resiko yang harus diterima jika anda mengalami demam saat hamil muda :

Autisme pada anak tentunya ini menjadi booming dibicarakan dan ini kerap kaitannya dengan demam saat hamil. Ketika para survey membuktikan bahwa adanya hubungan demam dengan autisme. Demam saat hamil muda juga dapat berakibat pada perkembangan otak bayi yan terlambat serta penglihatan yang terganggu.

Kelainan jantung bawaan selain resiko autisme. Demam yang sangat hebatpun memiliki resiko lain yang tidak kalah bahayanya. Jika seorang ibu hamil terserang demam karena terjangkit virus TORCH tentu jangan dibiarkan dan konsultasikan lagi kedokter. Kelainan jantung bawaan saat janin berada dalam kandungan adalah kasus yang biasa terjadi yang diakibatkan oleh virus TORCH ini. Jantung bocor pada bayi dapat terjadi dengan gejala demam yang timbul pada ibu.

Bayi lahir premature ini dapat mengakibatkan bayi lahir premature. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan kuman yang menempel pada saluran dan vagina anda yang menyebar masuk kedalam rahim anda. Jika bakteri dan kuman sudah masuk pada rahim anda maka kehamilan anda akan terganggu dan menyebabkan bayi lahir belum pada waktu yang tepat.

Cacat fisik pada bayi selain kelainan organ penting pada bayi, demam saat hamil muda juga dapat mengakibatkan cacat pada fisik bayi seperti tengkorak yang tidak menutup sempurna dan tulang belakang yang masih terbuka. Pada umumnya demam yang di akibatkan oleh kekurangan asam folat dapat dihindari untuk mencegah resiko-resiko yang tidak di inginkan.

Pengobatan demam saat hamil muda tentunya ini menjadi hal yang pertama yang harus anda lakukan ketika anda terserang demam tinggi. Pengobatan dapat anda lakukan dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan dan ceritakan gejala-gejala yang timbul pada saat itu. Tentunya dokter akan memberikan dosis penurun panas dan obat untuk menangani gejala lain yang tentu aman bagi ibu hamil. Bisa anda lakukan hal-hal sederhana seperti kompres dengan air hangat. Tetap sehat dan tidak ada kata terlambat jika anda ingin memulainya hari ini.

Reply