Factor, Resiko & Cara Mengatasi Kehamilan Usia Dini

Factor, Resiko & Cara Mengatasi Kehamilan Usia Dini

Masih banyak yang beranggapan bahwa hamil di usia muda banyak berbagai macam resiko yang harus di terima, bahkan banyak yang menduga dan juga sudah banyak yang mencapai angkat kematian. Usia berapa saja? dibawah 18 tahun, minimal kehamilan pada usia 20 tahun ke atas ya. Tentunya, perkawinan dini menyebabkan angka kehamilan usia dini meningkat. Terdapat beberapa faktor penyebab kehamilan usia dini diantaranya minimnya pengetahuan biologis tentang resiko hamil usia dini baik anak ataupun orang tua, akibat seks bebas, dan lain sebagainya.  usia dini akan berdampak pada perubahan tubuh seorang wanita seperti panggul dan rahim yang tentu secara medis belum siap untuk dibuahi, anda tidak perlu khawatir kali ini kami tidak membahasnya karena sekarang kami akan membahasnya factor, resiko & cara mengatasi kehamilan usia dini.

Berikut ini mari kita simak apa saja factor-faktor penyebab kehamilan usia dini, dan perlu anda ketahui selagi belum terjadi :

  • Kurangnya pendidikan moral dan agama
  • Tradisi atau kebiasaan suatu daerah yang sangat mendukung terjadinya pernikahan dini
  • Kurangnya perhatian orangtua
  • Kurangnya informasi mengenai kesehatan organ reproduksi dan kesehatan
  • Tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi
  • Pendidikan formal dan informal yang rendah
  • Pergaulan bebas dan seks bebas
  • Pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Kemiskinan
  • Kekerasan dalam rumah tangga

Ada beberapa lembaga organisasi mengartikan berbagai macam bagaimana penyebab terjadinya kehamilan di usia muda, termasuk yang akan kita bahas yaitu dari WHO simak berikut ini :

Faktor kemiskinan yang terdapat di berbagai Negara, pada kondisi yang mengharuskan seorang anak remaja sudah menikah pada usia dini ini bertujuan agar beban orang tua menjadi lebih ringan.

Pergaulan dan seks bebas tentu factor ini sangat berpengaruh besar, kebiasaan bergaul bebas yang tidak ada batasnya sama sekali sangat memungkinkan anda mengalami kehamilan di luar pernikahan.

  1. Factor social budaya

Factor pendidikan dimana kurangnya pendidikan mornal dan agama dari orang tua ini menjadi factor dimana terjadinya pernikahan di usia masih sangat muda.

Pelecehan seksual seperti pemerkosaan, tentu ini menjadi peristiwa yang menyedihkan karena yang akan di dapatkan yaitu kehamilan.

Apa saja resiko yang bisa terjadi? Emosional ibu hamil tidak terduga dan mudah tegang. Kecacatan dalam kandungan bisa saja terjadi pada calon bayi. Resiko yang timbul baik factor social ataupun kesehatan sangat berdampak pada resiko hamil di usia dini, simak berikut apa saja resikonya :

  • Kematian ibu dan bayi
  • Mudah terinfeksi
  • Keracunan kehamilan (gestosis)
  • Anemia kehamilan
  • Persalinan premature atau kelainan bawaan pada bayi
  • Pendarahan yang hebat
  • Proses persalinan yang lama dan sulit
  • Pengasingan dalam lingkungan masyarakat

Namun, tidak adanya kerja sama dalam masyarakat dan dukungan dari pemerintah menjadi hal yang menyulitkan untuk mencegah kehamilan usia dini. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kehamilan usia dini, diantaranya:

2. Penanaman pendidikan moral

Mengajarkan moral pada anak untuk tidak bergaul sebebas mungkin yang dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Peran orangtua dalam memperhatikan pergaulan anak menjadi faktor utama untuk mencegah kehamilan usia dini.

3. Mengubah tradisi masyarakat

Pada poin ini, kehamilan usia dini dapat disebabkan oleh tradisi masyarakat yang sudah berjamur turun temurun yaitu menikah muda. Pasalnya, tradisi ini membolehkan remaja untuk menikah pada usia masih muda sekalipun. Karena memandang bahwa wanita hanya akan mengurus rumah dan anak-anak tanpa peran yang lain sama sekali. Tradisi ini mengharuskan anak remaja yang mungkin terbilang masih harus menempuh pendidikan, harus menikah muda lebih dulu.

4. Terakhir penggunaan kontrasepsi

Bagi anda mungkin sepasang suami istri yang sudah menikah di bawah usia seharusnya wanita mengandung, anda bisa gunakan kontrasepsi agar kehamilan anda bisa di tunda sampai saatnya yang tepat.

Demikianlah hal-hal mengenai kehamilan usia dini mulai dari faktor penyebab, resiko dan pencegahan yang bisa dilakukan. Pernikahan usia dini harus kita cegah tentunya untuk mencegah kehamilan usia dini. Alangka baiknya anda menunda dulu pernikahan yang memang semuanya harus di siapkan baik mental bukan hanya soal materi. Semoga artikel ini membantu anda mencari banyak informasi.

Reply