Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus

Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus

factor penyebab anak berkebutuhan khusus penting dan perlu di ketahui walaupun pada dasarnya apapun yang sudah terjadi yang harus dilakukan penanganannya, namun ini harus menjadi perhatian juga untuk semua orang tua. Rata-rata tingkat anak berkebutuhan khusus di Indonesia banyak yang didiagnosa dengan gangguan autisme. Untuk penyebabnya sendiri dari anak berkebutuhan khusus ini belum diketahui. Namun di duga hal ini di sebabkan karena beberapa factor yang akan kami bahas lewat artikel kami kali ini, simak berikut ini :

  1. genetic

factor pertama ini disebabkan karena kelebihan kromoson yang disebabkan oleh persamaan gen pada orang tua anak (gen suami dan istri). Factor genetic ini bisa disebabkan juga karena usia ibu saat mengandung kurang ideal misalkan ibu mengandung diusia diatas 35tahun. Ketika semakin tua usia ibu maka semakin tinggi resiko melahirkan anak berkebutuhan khusus.

  1. Infeksi

Kondisi anak berkebutuhan khusus ini bisa disebabkan karena terjadinya infeksi pada janin saat ibu mengandung atau berada didalam kandungan. Infeksi ini disebabkan karena rubella, toksoplasma, herpes dll.

  1. Trauma

Factor ke 3 ini disebabkan karena danya trauma yang dialami anak misalkan saat ia di lahirkan. Mungkin ada beberapa kendala yang membuatnya sulit untuk dilahirkan dan membuatnya harus dibantu dengan menggunakan alat bantuan dan ini menyebabkan anak jadi kekurangan oksigen pada otaknya yang pada akhirnya mengalami gangguan pada otak khususnya dibagian perkembangan. Atau mungkin ada bencana alam yang bisa menyebabkan kekurangan ini terjadi.

  1. Racun

Adapula factor ke 4 dimana ibu mengalami keracunan saat sedang mengandung. Keracunan bisa disebabkan misalkan mengkonsumsi alcohol, obat-obatan tertentu. Dan juga bisa terjadi karena pencemaran udara dan polusi dimana bisa memicu keracunan pada bayi dan menggangu perkembangan otaknya.

  1. Kurang gizi

Secara asupan dan gizi untuk buah hati anda sangat perlu di perhatikan karena memegang peran baik yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak. Nah kebayangkan jika anak kekurangan gizi maka perkembangannya akan terganggu. Diusia 2 tahun pertama ini sangat penting menjadi perhatian khusus untuk memberikan asupan yang terbaik dimana perkembangan otaknya disini semakin bertumbuh pesat. Untuk itu nutrisi dan gizi penting sekali agar terhindar dari resiko anak menderita gangguan autis dan berkebutuhan khusus.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi informasi wawasan yang luas untuk anda dan banyak orang yang memang belum mengetahui informasi ini. Tetap jaga perkembangan janin didalam kandungan agar ia terlahir sehat dan sempurna.

Reply