Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil, Wajarkah? Bagaimana Mencegahnya?

Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil, Wajarkah Bagaimana Mencegahnya

Ketika anda sedang mengandung semakin berkembangnya masa kehamilan anda tentu tidak mudah melalui setiap trimesternya. Tentukan akan muncul berbagai perubahan dalam diri seorang wanita yang sedang mengandung. Tak terkecuali perubahan yang terjadi pada kulit seorang wanita. Perubahan warna menjadi kecoklatan pada di beberapa daerah tertentu biasanya terjadi di daerah payudarah / di putting susu, leher, ketiak, dan daerah sekitar daerah perut. Perubah tersebut inilah yang dikenal atau dinamakan hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi terjadi karena hormon ini mengakibatkan menumpuknya pigmen melanin yang berlebih yang berakibat menimbulkan warna lain pada kulit bunda. Hal ini wajar terjadi pada sebagian ibu. Kemunculan hiperpigmentasi bisa timbul dengan melasma/chloasma dimana terdapat bagian hitam yang terjadi pada bagian lingkar mata dan hidung sehingga tampak seperti anda memakai topeng, ini sangat menggangu rasa percaya diri anda. Namun anda tidak perlu khawatir secara perlahan ini akan hilang dan memudar 3-6 bulan setelah melahirkan.

Simak berikut ini kami akan membahas Hiperpigmentasi pada ibu hamil, wajarkah? Bagaimana mencegahnya? Seperti yang sudah dibahas kalau ini wajar di alami beberapa ibu hamil, anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara simple yang bisa anda lakukan untuk mengurangi dan mencegahnya :

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Hiperpigmentasi bisa terjadi karena ibu berhadapan langsung dengan paparan sinar matahari secara langsung dan ini dapat memicu terjadinya flek hitam yang muncul. Untuk itu anda bisa gunakan payung atau hand body untuk menjaga kulit anda tetap bernutrisi dan terjaga.

  1. Minum air putih yang cukup demi menjaga kelembaban kulit

Air putih menjadi salah satu air yang paling ampuh mengatasi dehidrasi seseorang, ini berlaku untuk menjaga kelembaban kulit anda. Untuk mengatasinya minum air putih sehari minimal 8 gelas dan ini dikonsumsi / di minum dalam waktu berselingan.

  1. Jangan berlebihan menggosok kulit anda

Dengan munculnya noda-noda coklat terkadang anda sulit membedakan dan justru menganggap kalau anda kurang bersih mandinya, sehingga menggosoknya secara berlebihan dan ini bisa mengakibatkan kulit anda jadi iritasi dan terluka.

  1. Gunakan cream pelembab yang aman dan nyaman untuk ibu hamil

Untuk mencegah dan menghindarinya anda bisa menggunakan cream sebagai pelembab agar tidak terjadi hiperpigmentasi pada kulit ibu hamil.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati untuk itu tidak ada kata terlambat jika anda mau memulainya sekarang dan mulai perhatikan dari hal-hal yang kecil agar tidak berdampak besar di kemudian hari.

Reply