Ibu Hamil Sulit Tidur? Bagaimana Cara Mengatasi Gangguan Tidur Selama Kehamilan

Ibu Hamil Sulit Tidur Bagaimana Cara Mengatasi Gangguan Tidur Selama Kehamilan

Pastinya anda sudah mengetahuinya ketika semakin berkembang pertumbuhan janin anda semakin banyak tantangan yang harus dilewati salah satunya seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu ibu hamil yang sering kali mengalami kesulitan tidur, bagaimanakah cara mengatasi gangguan tidur selama kehamilan. Hal ini disebabkan beberapa factor yaitu karena keberadaan perut semakin besar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa tak enak didaerah ulu hati yang semakin menekan dan lain sebagainya. Sehingga ini yang menyebabkan ibu hamil sulit sekali merasakan tidur nyenyak pada malam hari.

Ketika ada disaat anda sudah bisa merasakan tidur nyenyak namun sering kali kita berfikir apakah janin didalam perut bisa tidur juga? para ahli mengatakan bahwa meskipun istirahat banyak dimasa hamil adalah hal yang paling ideal, tapi kurang tidur saat kehamilan tidak akan terlalu membahayakan bayi anda. Simak berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membantu tidur anda lebih nyaman :

  1. Carilah posisi tidur yang nyaman untuk anda

Ketika anda istirahat / tidur tentu posisi kenyamanan anda salah satu cara anda bisa nyenyak dalam tidur dimalam hari. Posisi terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri anda, hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.

  1. Mandi dengan air hangat

Mandi / basuhkan tubuh anda dengan air hangat (panas2 kuku) dengan sabun yang wangi dan rasa segar akan membantu anda akan siap untuk tidur.

  1. Hindari makanan terlalu banyak saat menjelang tidur

Tidak heran kenapa ibu hamil selalu merasakan berat badan yang drastic naiknya dikarenakan ibu hamil lebih sering merasa ingin makan sesuatu saat malam hari, hal ini yang harus di waspadai ketika keinginan makan malam selalu datang setiap hari. Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saat menjelang tidur. Bagaimana caranya? Anda lebih baik konsumsi susu hangat sebelum tidur, ini dapat mengurangi rasa tidak enak diulu hati atau bagian perut lainnya yang dapat menggangu tidur malam anda.

  1. Dengarkan music

Ini salah satu cara agar memberikan ketenangan dan rasa rileks pada tubuh anda. Pilihlah music yang dapat memberikan ketenangan pada anda, dengan itu memudahkan anda untuk tidur lebih nyaman.

  1. Hubungan intim

Melakukan hubungan intim juga salah satu cara membuat anda jadi lebih rileks dan santai. Mintalah pasangan untuk memberikan pijatan lembut sehingga anda dapat merasakan lebih rileks dan bahagia karena diperhatikan oleh pasangan yang selalu support anda.

  1. Latihan menarik nafas

Latihan menarik nafas dalam yang teratur dapat menolong anda mengurangi ketegangan otot dan membantu anda untuk tidur lebih baik. Carilah posisi yang nyaman terlebih dahulu, duduk, berdiri ataupun berbaring, lalu tarilah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan bisa anda lakukan beberapa kali.

  1. Beristirahat selagi ada waktu

Istirahatlah selagi ada waktu dan bisa istirahat

Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan agar membantu tidur malam anda lebih nyaman dan berkualitas. Selama kehamilan ini dirasakan pada ibu hamil, pada kondisi ini normal dirasakan. Bersabarlah dan jadikan pengalaman indah selama kehamilan anda. Setiap perjuangan ibu pastinya ibu akan merasakan bahagia yang luar biasa ketika kehadiran bayi kedunia dengan sehat dan sempurna. Semangat dan tetap bersyukur ya bunda.

Reply