Ibu Hamil Wajib Tahu Makanan Yang Mengandung Alcohol

Ibu Hamil Wajib Tahu Makanan Yang Mengandung Alcohol

Tentunya anda sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi alcohol saat hamil merupakan kebiasaan buruk yang dapat memicu kesehatan janin. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang terlahir dari ibu yang sering mengkonsumsi alcohol akan mempengaruhi tingkat kesehatan dan kecerdasaan anak. Pertanyaannya apakah ibu hamil sudah menghindari mengkonsumsi alcohol saat hamil? Coba cek kembali makanan favorit anda, beberapa diantaranya mungkin mengandung kandungan alcohol yang tanpa anda sadari membahayakan kesehatan.

Namun anda tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan membahasnya, perlukan anda mengetahuinya? Tentu, ibu hamil wajib tahu makanan yang mengandung alcohol apa saja, agar anda tidak pernah salah mengkonsumsinya terutama yang bisa membahayakan kesehatan pada janin. Alcohol pada makanan yang sering ditemukan di luar rumah tanpa anda sadari ada jenis bumbu dapur tertentu yang tanpa anda sengaja konsumsi dang mengandung alcohol.

Bagi anda yang bijak, sebaiknya memang menghindari terlebih ketika anda sedang hamil. Simak berikut ini adalah beberapa makanan yang seringkali mengandung alcohol :

  1. Alcohol yang dijadikan sebagai penyedap makanan. Umumnya digunakan pada masakan western food, Chinese food, atau beberapa menu makanan asing lainnya. Penyedap makanan yang mengandung alcohol adalah ang chiu. Digunakan dalam masakan daging, seafood, saus penyedap atau tumisan.
  2. Beberapa kue yang menggunakan rhum balls atau butter rhum cake umumnya memiliki kadar alcohol 30%. Jika anda belum terlalu bisa membedakan anda bisa tanyakan kepada pelayannya apakah rhum tersebut mengandung alcohol. Karena kini sekarang beberapa outlet telah memberi label pada cake yang mengandung rhum.
  3. Hindari makanan yang mengandung arak merak/mirin atau arak putih. Bisa digunakan untuk menambah selera. Ini biasanya digunakan pada masakan jepang. Kandungan alcohol sebesar 14% dan digunakan pada sushi.
  4. Alcohol bisa didapatkan di campuran minuman tertentu. Untuk itu anda bisa tanyakan kepada pelayan apakah minuman mengandung mengandung alcohol atau rhum.
  5. Alcohol pada makanan tradisional akan meningkat seiring dengan waktu fermentasi. Sehingga kandungan alcohol akan semakin membahayakan jika semakin lama di fermentasi. Contohnya adalah brem, tape singkong, tape ketan atau durian fermentasi.
  6. Kandungan liquer ada permen ataupun coklat. Anda bisa membaca di setiap kemasan permen ataupun coklat pastikan terhindar dari kandungan liquer.

Kini anda sudah mengetahui beberapa makanan yang mengandung alcohol. Anda lebih bisa waspada dan mengurangi resiko yang dapat ditimbulkan dari konsumsi alcohol. Pada umumnya resiko yang ditimbulkan adalah lahir dengan berat di bawah normal, lingkar kepala kecil, mengalami kelainan sendi, dll. Tetap sehat dan semangat hindari alcohol, rokok dan hal lainnya yang tidak boleh dikonsumsi pada masa kehamilan anda.

Reply