Imunisasi Bcg Menyebabkan Bayi Rewel, Benarkah?

Imunisasi Bcg Menyebabkan Bayi Rewel, Benarkah

Apa itu imunisasi bcg? Setiap orang yang melakukan imunisasi bcg guna untuk menjaga system kekebalan tubuh terutama yang sangat aktif pada penyakit tuberkolosis dengan melakukan suntik imunisasi bcg ini akan menghasilan zat antibody yang bisa melindungi dari penyakti TBC. Pada usia berapa imunisasi bcg diberikan? Pada anak usia 2 tahun. Nah banyak yang memberikan pendapatnya tentang hasil setelah dari imunisasi bcg anak akan mengalami rewel, dan rewelnya akan berkepanjangan bisa dihitung jam, hari dan berminggu-minggu. Dan kami akan membahas singkat kira-kira apa yang menyebabkan anak rewel setelah imunisasi bcg ini.

  1. Merasakan sakit saat disuntik

Bisa di akibatkan karena suntikan yang sakit sehingga bayi merasakan sakit. Secara ketika kita disuntik jarum yang dimasukkan ke dalam kulit yang penuh dengan reseptor syaraf. Kita saja yang sudah remaja, dewasa ketika disuntik masih sering merasakan sakit apalagi bayi.

  1. Adanya pembengkakan yang menggangu

Rewel bisa disebabkan karena efek samping dari imunisasi bcg. Dan lama kelamaan pembengkakan merah akan bernanah. Pembengkakan akan berangsur membaik 2-3 minggu. Disarankan untuk jangan diberikan obat bekas suntikannya biarkan luka suntikan tersebut terbuka, gunakan kasa yang kering jika memang mau menutupnya.

  1. Bengkak yang cukup berat

Ketika pembengkakan yang terjadi cukup berat ini salah satu yang membuat anak menjadi rewel. Memang efek samping imunisasi bcg yaitu pembengkakan. Ketika bengkak semakin berkelanjutan disarankan untuk ibu langsung bawa ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

  1. Demam dan kondisi tubuh yang tidak nyaman

Memang  setiap anak setelah melakukan imunisasi kondisi yang normal terjadi rewel dan merasakan tidak nyaman. Bahkan bisa mengakibatkan buah hati anda mengalami demam yang tinggi. sehingga ini yang dinamanya pada kondisi yang tidak nyaman. Namun demam ini tidak dialami semua anak, karena hanya beberapa anak yang bisa mengalami demam. Jangan berikan suntik imunisasi jika anak dengan kondisi yang tidak sehat.

  1. Ruam pada kulit

Ruam yang bisa terjadi pada beberapa anak akan menyebabkan anak menjadi rewel. Kondisi ruam ini sebaiknya konsultasikan lagi kepada dokter karena efek samping dari bcg biasanya berbeda-beda. Bisa saja ini terjadi memang efek sampingnya atau ada penyebab lainnya munculnya ruam tersebut.

  1. Nyeri pada tulang

Pada efek samping berikut ini harus segera mendapatkan penanganan dari dokter. Ketika nyeri pada tulang memberikan kesakitan sehingga ia akan menangis. Namun pada kondisi ini jarang terjadi jika memang bayi rewel tidak berhenti dari hari ke hari konsultasikan ke dokter.

  1. Batuk

Ini efek samping dari imunisasi bcg sama seperti demam, batuk juga bisa dialami pada beberapa anak. Bayi yang mendapatkan efek samping ini cenderung terganggu dengan kondisinya sendiri. Sehingga bayi akan terus menangis.

Itu dia beberapa ulasan di artikel ini yang membahas tentang imunisasi bcg. Semoga bermanfaat dan dapat anda jadikan informasi lebih untuk banyak orang. Tetap sabar dan cari tau lebih banyak tentang imunisasi bcg ya bunda.

Reply