Ini Dia Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil, Simak!

Ini Dia Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil, Simak!

Bagi wanita tampil percaya diri selalu di butuhkan setiap harinya entah anda mau pergi kemanapun. Kali ini kami akan membahas bagaimana cara mencegah stretch mark saat hamil. Mungkin bagi sebagian wanita tidak terlalu memperdulikan soal ini, namun dari beberapa wanita lainnya ingin mencegahnya mulai dari merencanakan kehamilan. Bukan hanya wanita pada umumnya yang sering ada stretch mark dan itu sangat menggangu, bagi ibu hamil ini salah satu ketakutan yang akan terjadi setelah melahirkan atau sedang mengandung. Sama saja pada umumnya wanita yang lebih cenderung sering ada stretch mark dan ini membuat khawatir dan takut. Tapi jangan takut karena jika anda mencegahnya dari sekarang pasti tidak perlu takut.

Bagian stretch mark yang sering muncul pada bagian perut, paha, area tubuh lainnya. Hampir setiap ibu hamil mengalami kondisi ini dan sulit di hilangkan, dan kondisi ini yang di sebut stretch mark. Stretch mark itu ada karena adanya peregangan kulit yang begitu cepat. Simak berikut ini mengapa terjadi stretch mark?

Seperti yang sudah di jelaskan stretch mark terjadi karena adanya peregangan kulit yang cepat ini dikarenakan janin bertumbuh semakin besar. Sedangkan ketika saat hamil pengaruh dari hormone kehamilan dapat menyimpan lebih banyak lemak yang dapat melindungi janin sehingga terjadilah penumpukan lemak. Perkembangan stretch mark sangat cepat terutama pada bagian paha, perut, dan buah dada. Dan tidak menutup kemungkinan stretch mark dapat muncul pada bagian bokong, paha, dan bagian lengan atas.

Pertambahan berat badan pada ibu hamil akan mempengaruhi kondisi stretch mark yang semakin banyak, sehingga sangat penting untuk ibu hamil menjaga kesehatan terutama berat badan ideal selama kehamilan. Ini sering banyak dipertanyakan bagaimana cara membedakan stretch mark dan selulit? Nah kebanyakan wanita menyebutkan gangguan kulit yang berupa adanya guratan kulit pada tubuh selama kehamilan adalah selulit padahal selulit dan stretch mark itu berbeda.

Pada dasarnya stretch mark ditandai dengan gurat-gurat putih yang sering muncul di permukaan dinding perut, lengan, paha, pinggul, bokong, dan dada dan sedangkan selulit merupakan gangguan dengan tekstur menyerupai kulit jeruk yang bergelombang. Jika stretch mark terjadi karena peregangan kulit yang terlalu cepat dan juga berlebihan karena usia kandungan. Tapi catatkan tidak semua ibu hamil mengalami stretch mark. Dan selulit terjadi pada ibu hamil akan tetapi dapat terjadi pada wanita yang tidak sedang hamil. Ini karena pertabahan usia yang menyebabkan elastisitas hormone jadi berkurang. Pada ibu hamil elastisitas hormone akan menyebabkan kulit menyimpan lebih banyak lemak tujuannya untuk melindungi janin.

Bagaimana ibu hamil dapat mengurangi guratan kulit selama kehamilan dengan melakukan beberapa pencegahan :

  • Makan dengan pola makan yang sehat
  • Perbanyak minum air putih
  • Berat badan ideal selama kehamilan
  • Melakukan latihan fisik ringan

Jangan lupa lengkapi dengan konsumsi vitamin E yang membantu kulit ibu hamil menjadi kencang. Selain itu ibu bisa gunakan krim ataupun oil yang mengandung vitamin E dan di usapkan pada bagian rentan terkena stretch mark.

Reply