Ini Dia Pentingnya Konsultasi Sebelum Kehamilan

Ini Dia Pentingnya Konsultasi Sebelum Kehamilan

Ada sebagian pasangan sangat memperhatikan soal kondisi kesehatan sebelum anda dan suami melangsungkan pernikahan. Ada juga beberapa wanita kurang menyadari pentingnya konsultasi kepada dokter kandungan atau juga bidan sebelum kehamilan, padahal pengaruhnya sangat besar dalam menunjang kehamilan. Seperti yang mau di bahas kali ini yaitu pentingnya konsultasi sebelum kehamilan, dengan konsultasi kepada dokter pra kehamilan akan membantu dalam mengindentifikasi resiko bagi janin dan calon ibu hamil selain itu dalam mempersiapkan fisik dan mental sebelum kehamilan terjadi. Konsultasi dilakukan minimal satu bulan sebelum pernikahan, begitupun dikehamilan kedua anda bisa rencanakan kehamilan kedua melalui pemeriksaan kedokter.

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang dapat anda ajukan ketika melakukan pemeriksaan sebelum kehamilan :

  1. Riwayat reproduksi

Anda bisa lakukan pemeriksaan riwayat kesehatan reproduksi. Diantaranya siklus datang bulan dan riwayat penyakit reproduksi atau masalah dengan infeksi reproduksi. Lalu untuk anda yang merencanakan kehamilan kedua yaitu seputar kesehatan kehamilan kedua, alat-alat kontrasepsi yang digunakan sebelumnya dan jika anda pernah mengalami keguguran.

  1. Riwayat kesehatan

Dokter akan menanyakan peyakit yang anda derita sebelum mengalami kehamilan. Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan dengan test darah dan urin oleh ahli medis. Anda bisa jelaskan riwayat kesehatan apa yang anda miliki begitupun pasangan anda. Jangan sungkan untuk menjelaskan jika keluarga memiliki cacat bawaan sehingga dapat diantisipasi.

  1. Obat-obatan yang sedang dikonsumsi

Nah ini pentingnya juga ketika anda akan merencanakan kehamilan sebaiknya konsultasikan juga obat-obatan yang sedang dikonsumsi, apakah akan mengganggu kesehatan anda dan janin. Dengan itu bisa dipastikan obat-obatan yang anda konsumsi aman dan tidak berpengaruh pada kehamilan maka obat dapat dilanjutkan.

  1. Dukungan dari lingkungan rumah dan tempat kerja

Dengan anda konsultasikan diharapkan dapat membantu anda dalam memberikan saran untuk menciptakan dukungan dari lingkungan rumah dan tempat kerja. Salah satunya misalkan dengan menjauhkan tempat binatang peliharaan pada anda yang merencanakan kehamilan.

  1. Berat badan

Dokter atau bidan akan memberikan acuan kesehatan yang baik, untuk kehamilan anda dalam menentukan berat badan yang ideal, tidak memiliki berat badan yang kurang atau kelebihan selama kehamilan karena akan berpengaruh pada kesehatan anda selama kehamilan.

  1. Gaya hidup

Dokter akan menanyakan gaya hidup sehari-hari, hal ini dikarenakan gaya hidup berpengaruh pada kesehatan anda. Salah satunya gaya hidup yang berkaitan dengan pola tidur, pola makan, kebiasaan buruk seperti merokok atau kebiasaan olahraga.

Dengan demikian bahwa konsultasi sebelum anda memutuskan untuk hamil memang diperlukan, tujuannya untuk mempersiapkan kesehatan anda dan janin saat sudah memasuki usia kehamilan. Jangan malu ungkapkan hal yang ingin ditanyakan ya.

Reply