Ini Hal Serius Yang Perlu Anda Perhatikan, Bahaya Stress Pada Ibu Hamil

Ini Hal Serius Yang Perlu Anda Perhatikan, Bahaya Stress Pada Ibu Hamil

Semakin berkembangnya jaman semakin banyak teknologi yang berkembang, semakin juga kata “stress” tidak bisa dihilangkan dan dipisahkan dari kehidupan kita. Mengapa seperti itu? Banyak factor seseorang mengalami stress. Bahkan terkadang kita tak menyadari jika kita sedang mengalami stress. Kondisi stress pada umumnya ditandai dengan gejala sakit kepala, gelisah, tegang dan tak karuan. Kondisi stress akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh, fikiran dan mood. Seseorang apalagi jika terjadi pada ibu hamil yang lebih cenderung rentan mengalami stress.

Ketika anda mengetahui dan sudah positif mengandung tentu merasakan bahagianya bukan main bisa dikasih kepercayaan memiliki keturunan yang dinantikan. Segala upaya selalu di lakukan demi tumbuh perkembangan janin didalam kandungan semakin optimal dan sempurna. Namun selalu ada saja hal yang menjanggal perasaan, hati dan fikiran seorang ibu dan ini berdampak terjadinya stess, walaupun anda sudah berfikir positif tapi jika ada hal yang kurang pas di hati dan fikiran tentunya membuat ibu hamil menjadi pikiran. Saat hamil tak hanya fisik saja yang akan mengalami perubahan, emosi ibu hamilpun akan mengalami perubahan. Untuk itulah mempersiapkan fisik dan mental dengan matang sebelum merencanakan kehamilan akan dibutuhkan ketika kondisi seperti ini.

Apabila kondisi ini tidak didukung dengan lingkungan serta keluarga yang harmonis maka ibu akan semakin mudah mengalami stess, terutama pada wanita karier yang bekerja ketika hamil. Stress yang dialami ibu sewaktu hamil tentu akan dapat berpengaruh pada janin yang didalam kandungan. Ketika rasa khawatir berlebihan inilah hal yang tidak bisa dihindari. Stress pada ibu hamil berikut ini kami akan bahaya stress pada ibu hamil, menjelaskan beberapa hal yang dapat terjadi pada janin diakibatkan ibu mengalami stress berkepanjangan :

  1. Meningkatkan resiko alergi pada janin

Sebuah penelitian mengungkapkan ketika ibu hamil stress akan mampu meningkatkan resiko alergi pada bayi kelak. Hal ini terjadi disebabkan saat stress, janin akan menyerap hormone kortisol yang diproduksi oleh ibu sewaktu mengalami stress. Dan bayi dengan tingkat kadar hormone kortisol yang tinggi akan memiliki resiko besar terjadinya alergi dibanding hormone kortisol yang rendah.

  1. Meningkatkan resiko abortus / keguguran

Stress tentu berbahaya terhadap kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Pada kondisi terparah atau berkepanjangan dapat menyebabkan ibu kehilangan janinnya atau keguguran.

  1. Membuat system kekebalan bayi berkurang

Ketika ibu hamil yang sering mengalami tegang, panic dan cemas yang berlebihan akan dapat melemahkan system kekebalan bayi ketika bayi berusia 6 bulan.

Itu dia penjelasan beberapa hal bahaya stress pada ibu hamil. Untuk itu sebisa mungkin ibu hamil terutama wanita karir yang sedang hamil di sarankan untuk menghindari kondisi stress atau sebisa mungkin dituntut untuk dapat menjaga kesehatan dengan baik. Bagi anda yang termasuk orang yang gampang stress sebaiknya mengambil jadwal cuti agar menghindari rasa stress akibat berbagai hal di kantor. tetap selalu menjaga pola makan dan hidup yang sehat. Serta dukungan suami serta support dari keluarga dalam menjalankan masa Sembilan bulan mengandung dapat menjadi obat untuk tetap semangat dan bisa mengikuti saran-saran rileksasi sederhana yang bisa dilakukan.

Reply