Ini Yang Sering Dipertanyakan Ibu Hamil Menggunakan Lensa Kontak, Bolehkah?

Ini Yang Sering Dipertanyakan Ibu Hamil Menggunakan Lensa Kontak, Bolehkah

Tentunya ketika anda hamil penampilan tetap jadi pertama yang harus dipertahankan. Jangan karena hamil penampilan anda jadi tidak teratur dan kurang menarik. anda boleh tampil cantik selama kehamilan akan tetapi perhatikan alat dan bahan yang digunakan agar tidak menggangu kesehatan ibu dan janin. Tentunya ketika anda berbadan dua selalu utamakan kesehatan janin dan kenyamanan ibu. Rasa nyaman ketika berpenampilan kini harus diwaspadai berpengaruh negative untuk kesehatan anda.

Anda beberapa beberapa ibu hamil yang nyaman menggunakan kacamata kemana-mana namun ada juga yang lebih nyaman menggunakan lensa kontak. Setiap ibu hamil mempunyai alasan sendiri, salah satunya lebih merasa percaya diri dan enak di lihat banyak orang. Meskipun demikian anda harus mengenali dampak menggunakan lensa kontak dengan ibu hamil. Banyak orang akan berkomentar bahwa lensa kontak akan menggangu kehamilan walaupun demikian masih banyak yang menggunakannya.

Dan kali ini artikel kami akan menjawab beberapa pertanyaan ibu hamil menggunakan lensa kontak, bolehkah? Atau aman dan tidak bahayakah? Hal tidak baik menggunakan lensa kontak akan kami bahas dan bagaimana cara mengurangi resiko akibat buruk dari penggunaan lensa kontak selama kehamilan.

Lensa kontak fungsinya sama saja seperti kacamata terutama untuk ibu hamil yang mengalami mata minus tujuannya memang baik dan tidak hanya untuk sekedar bergaya. Namun kini lensa kontak tidak hanya dapat digunakan untuk individu yang bermasalah dengan kesehatan mata akan tetapi pada orang normal.

Lensa kontak bersifat sensitive dibanding kacamata karena ini berhubungan langsung dengan mata/bola mata. Perhatikan dan jangan sampai lupa mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak dengan sabun agar mata tidak iritasi. Peran lensa kontak jelas berbeda dengan kacamata dimana lensa mata tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pastinya sudah tahu kalau penggunaan yang terlalu lama dan lupa untuk mencopotnya saat tidur bisa menyebabkan luka pada kornea. Lensa kontak akan aman digunakan apabila memperhatikan kesehatan mata. Hindari mata yang terlalu kering akan memperparah mata. Cairan pembersih jangan lupa perhatikan kadarluasanya.

Efek samping menggunakan lensa kontak sebenernya semuanya balik agi ke diri masing-masing yang memakai lensa kontak. Gunakan dengan bijak sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Pada dasarnya anda pengguna lensa kontak akan membuat mata kekurangan oksigen pada kornea sehingga menimbulkan pembengkakan kornea, dan ini peningkatan resiko infeksi. Apabila penggunaan lensa kontak tidak memperhatikan penggunaannya makan akan menimbulkan bahaya pada mata atau kornea. Kondisi ini ditandai dengan merahnya mata, perasaan tidak nyaman, pedih, kering atau bahkan rasa nyeri pada mata. Bagi pengguna lensa kontak tidak cocok dan kurang bersahabat dengan ruangan yang ber ac dan juga aktifitas yang berkonsentrasi tinggi sehingga mata sulit berkedip.

Lensa kontak bagi ibu hamil keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah perubahan pada visus dan mata yang terasa kering. Penggunaan lensa kontak kurang tepat dibandingkan dengan kacamata. Tapi walaupun seperti itu bukan berarti ibu hami di larang menggunakan lensa kontak namun tetap waspada dalam menggunakannya. Ada perubahan yang terjadi pada mata diantaranya :

  • Pembengkakan kornea yang mengakibatkan menjadi tebal dan melengkung.
  • Mata sudah mengalami iritasi.
  • Mata yang kering sehingga terjadi gangguan yang akan memproduksi kelenjar penghasil lapisan pada air mata.
  • Mengalami penglihatan yang kabur.

Cara aman menggunakan lensa kontak bagi ibu hamil di antaranya :

  • Perhatikan penggunaan lensa kontak pada ibu hamil.
  • Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata.
  • Anda dapat menggunakan cairan pembersih dengan memperhatikan kadaluarsanya.
  • Gunakan lensa kontak sebelum anda menggunakan make up.
  • Ketika menyentuh lensa kontak usahakan untuk tangan bersih.
  • Perhatikan pula kebersihan ketika menggunakan lensa kontak.
  • Hindari mengucek mata apalagi bila terpapar debu.
  • Anda dapat menggunakan tetes mata jika mata kering.
  • Anda juga harus menggunakan sesuai petunjuk ahli perawatan mata untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tetap sehat dan intinya jaga kebersihan utamakan usahakan mengetahui dampak buruk dan negatifnya agar anda tidak terjebak dengan hal yang tidak diinginkan dengan menggunakan lensa kontak.

Reply