Ini Yang Terjadi Sering Mengeluhkan “Nyeri Punggung” Saat Kehamilan, Normal Tidak?

 

Ini Yang Terjadi Sering Mengeluhkan “Nyeri Punggung” Saat Kehamilan, Normal Tidak

Tentunya buat anda yang sedang mengandung tidak gampang melalui proses 9 bulan lamanya, dan seringkali mengeluhkan nyeri punggung saat hamil, mengapa ibu sering mengeluhkan rasa nyeri pada bagian punggung? Karena itu yang di sebut otot-otot dilemaskan, mengubah postur tubuh anda sehingga menempatkan tekanan pada punggung anda. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung apabila menekan pada saraf. Factor kelebihan berat badan juga selama kehamilan sehingga lebih banyak pekerjaan otot anda dan meningkatkan stress pada sendi.

Tentu hal ini dapat membuat anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit ketika anda berjalan, berdiri, duduk untuk waktu yang lama, berguling ditempat tidur, keluar dari kursi rendah atau bak mandi, membungkuk atau mengangkat sesuatu. Hal ini wajar di rasakan karena sebagian ibu hamil mengalami nyeri punggung di beberapa titik. Paling sering rasa sakit muncul pada trimester kedua atau menjadi lebih buruk saat kehamilan berlanjut tapi rasa sakit pasca melahirkan kembali biasanya sembuh dalam beberapa bulan.

Bagaimana dengan sering mengeluhkan “nyeri punggung” saat kehamilan. Yang terjadi pada ibu hamil didaerah tulang belakang lumbar di punggung bawah, dan nyeri punggung posterior dirasakan dibagian belakang panggul. Anda juga merasakan rasa sakit yang memancar ke kaki anda. Duduk atau berdiri untuk jangka waktu yang lama dan mengangkat biasanya membuat lebih buruh, dan ini  sering terjadi di sore menjelang malam hari. Ketika rasa nyeri punggung tidak wajar segera konsultasikan ke dokter dan mulai saat ini lebih berhati-hati ketika melakukan aktivitas.

Bagaimana cara mengatasi sakit punggung pada ibu hamil? Anda dapat memilih program latihan yang sesuai dengan kondisi ibu hamil sehingga aman dilakukan selama kehamilan. Kondisi ibu hamil berbeda-beda, inilah yang harus anda bedakan ketika memilih olahraga ibu hamil. Ibu hamil dapat melakukan latihan peregangan untuk membantu otot-otot yang mendukung punggung dan kaki menjadi lebih fleksibel. Hati-hati untuk meregangkan, karena peregangan terlalu cepat atau terlalu banyak dapat menempatkan beban lebih lanjut pada sendi, yang berbeda dengan fisik sebelum kehamilan. Lakukan yoga khusus ini merupakan salah satu cara yang baik untuk tetap lentur, dan dapat membantu meningkatkan keseimbangan.

Jika anda baru memulai berolahraga disarankan melakukan pemeriksaan latihan pemula, ada beberapa pedoman khusus untuk berolahraga dengan aman selama kehamilan seperti tidak berbaring telentang dan tidak bangun terlalu cepat. Berikut ini cara yang dapat ibu hamil lakukan untuk mengurangi keluhan sakit punggung :

  • Perhatikan postur tubuh anda ketika anda sedang duduk, bersantai di sekitar kursi sepanjang hari akan membuat tekanan yang lebih banyak pada tulang belakang anda. Intinya utamakan kenyamanan anda selalu memposisikan punggung lurus, lengan, dan bantal yang nyaman.
  • Kedua beristirahat berjalan atau berdiri dan meregangkan setidaknya sekali satu jam. Duduk terlalu lama bisa membuat anda kembali sakit bahkan lebih sakit cobalah untuk tidak berdiri terlalu lama jika anda bekerja pada kaki anda.
  • Ketiga hindari mengangkat beban berat, pastinya anda sebagai ibu hamil harus tahu yang namanya mengangkat beban berat memang tidak baik. Jika tidak bisa mengangkatnya bisa minta bantuan suami, selanjutnya jaga berat badan anda sangat penting memang menjaga berat badan.
  • Empat memakai sepatu yang tepat tentu para wanita ketika ingin menghadiri pesta mau tidak mau harus pakai high heels namun itu bisa membuat punggung sakit. Para ahli memberikan saran untuk menjaga tubuh anda dalam keselarasan, pilihlah yang sesuai dan nyaman untuk diri anda.
  • Hentikan rasa mau mencoba sendiri contohnya mau ambil buku pada rak paling atas yang akan memicu sakit pinggang. Jika memang tidak memungkinkan dan mengharuskan anda mengambilnya bisa minta bantuan suami. Jangan stress dengan tuntutan pekerjaan, bersyukur dan berfikir yang bahagia. Dan juga anda dapat mencoba beberapa yoga yang di khususkan bertujuan sangat baik untuk rileks fikiran dan punggung anda.

Selanjutnya anda bisa menggunakan air hangat ketika mandi untuk membuat otot punggung rileks sesudah anda melakukan aktivitas diluar rumah, ini sangat baik terutama jika sakit punggung tidak bisa reda, segera konsultasikan ke dokter dan jangan malu membicarakannya. Tetap sehat dan semangat menanti calon buah hati lahir ke dunia.

Reply