Jenis-Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Jenis-Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Anda salah satu ibu yang sedang mempersiapkan jenis makanan pendamping ASI terbaik untuk bayi kira-kira apa saja. bayi anda sudah 6 bulan? Tanda bayi anda sudah cukup siap untuk diberikan makanan pendamping lain selain hanya ASI yang dikonsumsinya selama ini. Pasti buat anda ibu baru bertanya kenapa harus 6 bulan?

Hal ini dikarenakan system pencernaan pada bayi sudah mulai siap menerima jenis dan tekstur makanan lain yang lebih padat dibandingkan pada waktu sebelumnya. Usia 6 bulan pada bayi memang bukanlah patokan yang baku, namun usia ini memungkinkan perut mungilnya dan organ system pencernaan termasuk bagian kerongkongannya telah cukup dan siap mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat. Pada usia 6 bulan pada bayi sudah mulai membutuhkan asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang berasa lebih enak dan lebih beragam. Penting sekali untuk difikirkan dan dipertimbangkan makanan pendamping segera setelah anak sudah berusia 6 bulan.

Jika ibu sudah siap dan si kecil sudah siap dengan memberikan tanda-tanda gembira ketika dikasih sendok khusus untuk bayi. Maka mungkin saat ini ibu harus mulai menentukan jenis makanan apa yang akan diberikan. Masih bingung kira-kira jenis makanan pendamping ASI apa yang cocok untuk semua bayi bukan hanya cocok, namun bayi merasakan nikmat saat memakannya.

Yang harus difikirkan pertama yaitu makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, yang tentunya harus diutamakan. Sebab pada tujuannya dari memberikan jenis makanan tersebut pada buah hati adalah untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuhnya. Biasanya orangtua di sarankan untuk memberikan makanan secara bertahap, mulai dari memberikan makanan dengan tekstur yang lebih cair, kental sampai dengan yang padat.

Membuat sendiri makanan bayi 6 bulan pada pemilihan jenis makanan yang akan anda olah pastinya anda mencari bahannya di supermarket atau toko online namun dalam pemilihan makanan mencari yang tanpa pengawet untuk bayi suka susah karena bayi harus terhindari dari makanan yang berpengawet ya. untuk itu tidak ada salahnya jika ibu membuat dan menghidangkan sendiri jenis makanan sehat yang akan dimakan oleh buah hati anda.

Dari dulu disarankan untuk diperkenalkan pada bayi adalah jenis bubur lunak. Segala makanan yang di konsumsi bayi pada saat pertama kali mereka diperkenalkan pada bayi adalah jenis bubur lunak. Saat mengkonsumsi buah pun tentunya buah akan di lembekkan dulu agar mudah ditelan dan dicerna. Simak berikut beberapa jenis makanan pendamping ASI terbaik untuk bayi :

Jenis bubur sehat untuk bayi diharapkan dengan adanya informasi dari kami ibu bisa membuat untuk buah hati :

  1. Bubur susu

Jenis makanan ini adalah makanan padat yang memang baik diberikan serta diperkenalkan pertama pada bayi. Selain rasanya lezat tekstur bubur susu yang sebaiknya dibuat lebih encerpun akan menjadi santapan pertama yang sehat dan bayi bisa beradaptasi dengan lebih baik.

Cara pembuatannya :

  • Tepung beras 1 sendok makan
  • Dicampur bersama susu formula kurang lebih 200ml
  • Larut dan aduk
  1. Bubur susu kentang

Jenis bubur yang kedua adalah bubur susu kentang. Variasi makanan pada bayi cukup disarankan agar bayi tidak merasa bosan.

Cara pembuatannya :

  • 50gr kentang yang sudah dikupas dan dikukus
  • Potong dadu/kecil-kecil
  • Lalu sediakan susu formula
  • Campur dan aduk bersama
  1. Bubur sayur

Bayi juga perlu konsumsi sayuran guna menjaga kesehatan tubuhnya dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Dan bubur sayur salah satu jenis makanan sehat yang baik dan direkomensaikan untuk diberikan pada bayi usia 6 bulan.

Cara pembuatannya :

  • 50gr brokoli yang sudah dipotong dan dikukus
  • Campurkan 5 sendok makan susu bubuk formula/bisa campur dengan ASI
  • Catatan tidak harus menggunakan sayuran brokoli anda bisa menggantinya dengan berbagai jenis sayuran lainnya.
  • Makanan yang terbaik setelah bubur untuk bayi
  1. Labu kuning

Bukan hanya orang dewasa menyukai labu kuning namun manfaat untuk buah hati anda sangat baik memilik kandungan vitamin C dan A. cara pembuatan dapat di panggang / rebus. Agar menarik perhatian buah hati anda bisa tambahkan jenis sayuran lainnya agar si kecil semakin panasaran.

  1. Kacang lentil

Jenis kacang ini cocok dijadikan sebagai makanan bayi yang sehat. Hidangan kacang dapat disajikan dengan campuran sayuran lainnya. Sebelum memasaknya dan mengolah sayuran ini anda bisa merendamnya terlebih dahulu selama kurang lebih 12 jam agar tekstur kacang menjadi jauh lebih empuk.

  1. Brokoli

Jenis makanan terbaik yang sehat lainnya adalah sayuran satu ini yaitu brokoli. Karena memang brokoli punya banyak segudang manfaat dan nutrisi yang baik diberikan kepada buah hati. Cara penyajiannya potong kecil-kecil/tergantung selera, mengukusnya dinginkan lalu berikan pada buah hati anda.

  1. Blueberries

Buah berwarna biru tua ini berada dari flavonoid yang disebut dengan anthocyanin. Kandungan ini bermanfaat baik untuk kesehatan mata, otak, dan saluran kemuh pada bayi. Cara penyajiannya anda bisa buat dalam bentuk jus atau pure yang sehat. Padukan dengan buah-buahan lainnya agar bayi semakin tertarik dan mulai menyicipi jenis buah ini.

Demikian beberapa daftar jenis makanan pendamping ASI terbaik bagi janin yang bisa anda berikan. Anda bisa perkenalkan jenis makanan lainnya saat bayi sudah beranjak lebih besar. Semoga bermanfaat.

Reply