Kapan Bayi Bisa Melihat, Dan Diumur Berapa? Mari Cari Tau

Kapan Bayi Bisa Melihat, Dan Diumur Berapa Mari Cari Tau

Selamat anda sudah menjadi ibu baru yang mempunyai tugas dan tanggung jawab memberikan kasih sayang, dan juga memperhatikan tumbuh kembang sang buah hati. Buat anda yang menjadi bunda baru tentu belum banyak pengalaman yang banyak selain mencari berbagai informasih ketika sedang control ke dokter atau melalui internet. Dan kali ini kami akan membahasnya yang mungkin menjadi pertanyaan yang sering diajukan oleh para ibu.

Kapan bayi bisa melihat, dan diumur berapa? Nah sebelumnya perlu anda ketahui bahwa bayi yang baru saja lahir belum bisa melihat dengan sempurna layaknya seperti orang dewasa. Seiring dengan bertambahnya usia maka fungsi penglihatan si kecil juga bisa semakin sempurna. Ketika si kecil baru lahir, biasanya si kecil hanya akan mendeteksi cahaya serta beberapa gerakan saja. dan diusia 3 bulan pertama umumnya si kecil akan mulai bisa mengikuti setiap gerakan anda atau bahkan benda yang lewat dihadapannya. Ketika itu, si kecil juga akan belajar untuk mengenal warna. Oleh karena itu anda bisa mulai mengenalkan macam-macam warna pada si kecil.

Ketika usia si kecil menginjak usia 4-5 bulan maka bayi mulai belajar untuk mengenal kedalaman atau volume suatu benda yang mereka lihat. Proses ini juga mencakup pertumbuhan proses belajar otak si kecil akan beberapa benda yang ada ia lihat. Jadi usia berapa bayi bisa melihat? Bayi mulai bisa melihat sempurna ketika usianya menginjak 6-8 bulan. Walaupun si kecil biasanya hanya memfokuskan perhatiannya terhadap sejumlah benda yang berada didekatnya. Namun ia juga mulai mampu mendeteksi adanya orang atau bahkan benda yang bergerak dalam jangkauan yang jauh darinya. Namun ia juga mulai mampu mendeteksi adanya orang atau bahkan benda yang bergerak dalam jangkauan yang jauh darinya.

Pertumbuhan dari fungsi pengelihatan si kecil tidak akan berhenti sampai usia 8 bulan saja. namun secara gradual, penglihatan si kecil akan terus membaik dan sempurna hingga usia si kecil menginjak 6 bulan. Oleh karena itu anda sebagai orang tua sangat disarankan untuk memberikan stimulasi tumbuh kembang si kecil melalui serangkaian aktivitas. Baik dengan bentuk benda atau bahkan warna yang memang diharapkan mampu membantu proses belajar si kecil.

Terkait kapan usia bayi bisa melihat, dan dapat berkomunikasi dengan orang tuanya. Maka para ahli mengajurkan agar orang tua bisa mengajak si kecil berbicara ketika ia baru lahir, dan jangan berhenti. Dan anda harus membiasakan diri untuk mengomentari apa saja yang dilakukan si kecil dengan anda. Semakin anda berinteraksi dengan buah hati anda maka semakin terlatih menjadi anak yang pintar. Gunakan kata-kata positif dan lakukan hal yang positif agar buah hati faham perlahan-lahan. Semoga membantu ya, selamat mencoba dan semangat ya bunda.

Reply