Kenali 5 Ciri-Ciri Anak Berkebutuhan Khusus Yang Harus Harus Diketahui

Kenali 5 Ciri-Ciri Anak Berkebutuhan Khusus Yang Harus Harus Diketahui

Pengertian anak berkebutuhan khusus jika dilihat yaitu seorang anak yang memiliki kelainan, baik dalam fisik, emosional, mental ataupun social, yang terjadi dalam proses pertumbuhannya. Jika dibandingkan dengan sejumlah anak yang lainnya yang memang sudah seusia dengannya. Untuk itu seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus membutuhkan pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Dengan begitu diharapakan ia masih bisa belajar seperti yang lainnya, dan yang pasti di tempat atau sekolah yang menyediakan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Bagi setiap orang tua tentu memiliki anak yang mempunyai berkebutuhan khusus membuat orangtua merasakan sedih, terkadang tidak bisa diterima oleh masyarakat, diejek-ejek dan diperdebatkan. Untuk itu kami akan sajikan 9 ciri-ciri anak berkebutuhan khusus yang harus diketahui banyak orang agar tidak melukai perasaan orang tuanya :

  1. Tunanetra/anak yang mengalami gangguan penglihatan

Pada kondisi ini mengalami gangguan terhadap penglihatannya. Hal ini berupa kebutaan yang menyeluruh ataupun hanya sebagian. Walaupun orang tua sudah memberian alat yang memang membantu dalam pengelihatannya namun tetap ia memerlukan pendidikan anak berkebutuhan khusus.

  1. Tunarungu/anak yang mengalami gangguan pendengaran

Tunarungu seorang anak yang kehilangan sebagain atau bahkan seluruh daya pendengarannya. Ia kurang mampu untuk melakukan komunikasi dengan baik dengan siapapun.

  1. Tunadaksa/mengalami kelainan anggota tubuh

Pada hal ini anak yang mengalami lainan atau cacat yang menetap yang terjadi pada alat gerak. Sehingga anak sangat membutuhkan pendidikan khusus.

  1. Berbakat/mempunyai kemampuan dan kecerdasan luar biasa

Anak yang berbakat merupakan seorang anak yang memiliki potensi kecerdasan dengan tingkat yang baik. Ketika seorang anak sudah bisa bertanggung jawab dan memilik daya fikir yang tidak biasa dari teman seusianya.

  1. Tunagrahita

Anak berkebutuhan khusus kali ini, mengalami hambatan juga keterbelakangan perkembangan mental jauh dibawah rata-rata, hingga mengalami kesulitan dalam menyelesaikan sejumlah tugas dan tanggung jawab, komunikasi ataupun social.

  1. Lamban belajar (slow learner)

Pada umumnya ini terjadi dengan jumlah yang tidaklah banyak, bahkan jumlahnya di bawah normal namun belum memasuki tunagrahita.

  1. Anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik

Pada kondisi ini seorang anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik seperti mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas akademis khusus. Dan hal ini diduga kaena adanya factor disfungsi neugologis, dan bukan disebabkan karena factor inteligensi.

  1. Anak yang mengalami gangguan komunikasi

Pada kondisi ini yaitu anak-anak yang memang mengalami kelainan terhadap suara, artikulasi, atau bahkan kelancarannya dalam berbicara. Yang memang mengakibatkan terjadinya penyimpanan dalam bentuk bahasa.

  1. Tunalaras/anak yang mangalami gangguan emosi dan perilaku

Tunalaras adalah seorang anak yang mengalami kesulitan dalam proses menyesuaikan diri dengan orang-orang di sekitarnya.

Itu dia beberapa ciri-ciri anak berkebutuhan khusus dan diharapkan kita menghargai yang memang membutuhkan perhatian khusus, dijaga dan jangan pernah dijelekkan karena mereka tetap ciptaan Tuhan yang harus disayangi. Untuk bunda yang memang mempunyai buah hati dengan berkebutuhan khusus, usahakan untuk tetap mendapatkan bimbingan khusus agar anak anda semakin mengerti untuk dilatih dan tetap merasa dihargai. semoga bermanfaat.

Reply