Kenali Bahaya Rokok Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kenali Bahaya Rokok Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Siapa yang tidak kenal dengan rokok? Rasanya rokok itu sudah menjadi popular dimana-mana. Tentu pastinya semua orang mengenal rokok kecuali bayi ya pastinya tidak mengenal rokok. Sudah terbukti rokok adalah racun yang tidak baik untuk kesehatan. Bahaya rokok sudah terbukti juga menyebabakan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru, penyakit paru obstruktif dan stroke. Penyakit yang disebutkan tentu berbahaya bukan, terutama jika anda prokok bagaimana jadinya ya.

Dan kami akan membahasnya mari kita sama-sama kenali bahaya rokok yang memang tidak baik untuk kesehatan. Yang tanpa disadari ternyata seorang perokok itu bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga mereka lebih rentan terhadap berbagai penyakit infeksi. Hal ini terjadi secara singkat dan mungkin saja menyebabkan dampak kesehatan pada kehidupan sehari-hari. Langsung saja simak berikut ini yang akan kami ulas dengan singkat dan jelas :

Menurunkan fungsi kekebalan tubuh ditandai dengan kurangnya kemampuan tubuh dalam melawan bibit penyakit yang bisa menyebabkan infeksi. Sehingga anda mudah saja terkenal berbagai penyakit. Mengapa demikian? Karena kerusakan organ dan komponen imunitas yang tidak dapat bekerja dengan baik saat tubuh kekurangan asupan yang dibutuhkannya. Kebiasaan merokok yang sangat mempengaruhi bagi kesehatan sangat harus diperhatikan dan diharapkan semua orang sudah mengetahui apa saja bahayanya terutama system imun, simak berikut ini.

  1. Kerusakan saluran pernafasan

Rusaknya saluran pernafasan sudah sangat dipastikan ini akan terjadi, dan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Racun pada rokok dapat menyebabkan iritasi serta timbulnya lendir pada saluran pernafasan yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada tenggorokan hingga paru-paru. Semakin besar resiko infeksi tersebut menjadi lebih serius dan menyebabkan kerusakan rongga udara pada paru.

  1. Memicu kondisi autoimun

Tidak hanya berbahaya untuk saluran pernafasan saja namun memicu kondisi autoimun dimana kandungan racun karsinogen pada sebatang rokok menyebabkan tubuh anda menjadi kurang efektif melawan peradangan. System imun yang melemah sangat berbahaya dapat memicu penyakit rematik dan multiple sclerosis.

  1. Menghambat aliran darah

Kandungan nikotinnya dapat membuat darah menjadi lebih kental. Untuk itu nutrisi, mineral dan oksigen yang berada di darah tidak bisa diserap dengan banyak dan tidak bisa di optimalkan oleh tubuh. Rokok berpengaruh terhadap peradangan bagian luar maupun bagian dalam tubuh dan lama di sembuhkannya.

  1. Jumlah antibody yang berkurang

Efek rokok yang sudah mengalir didarah anda dapat mengurangi antibody dalam tubuh. Antibody sendiri merupakan protein darah yang berperan dalam mengurangi jumlah bibit penyakit. Bagi seorang yang perokok masa penyembuhan akan lebih lama ketika ia sedang sakit.

  1. Mengurangi kadar antioksidan

Senyawa antioksidan berasal dari vitamin C dari dalam tubuh yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan memperbaiki kerusakan organ. Efek rokok ternyata membuat kadar antioksidan dalam tubuh menjadi lebih sedikit dibandingkan pada orang yang tidak merokok. Untuk itu ini sebabnya seorang perokok rentan sakit dan proses penyembuhannya lumayan lama.

  1. Meningkatkan sel darah putih

Sel darah putih sama halnya seperti antibody. Dimana bekerja untuk melawan infeksi. Namun pada perokok akan mengalami peradangan dan kerusakan yang terus terjadi karena sel darah putih berada dalam jumlah yang tinggi. akibatnya sel darah putih menjadi kurang responsive terhadap agen penyakit dan menyebabkan serangan jantung, stroke dan kanker. Ini sangat harus diwaspadai.

Jangan mencari penyakit ya jika anda mau tetap hidup aman, tentram dan sejahtera. Yang tidak perokok saja bisa terkadang sakit bagaimana jika untuk seorang perokok yang aktif. Hidup sehat demi anak cucu kelak. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Reply