Kenali PCOS Gangguan Hormonal Pada Wanita, Gejala Dan Penyebabnya

Kenali PCOS Gangguan Hormonal Pada Wanita, Gejala Dan Penyebabnya

Mungkin sebagian dari kita wanita pernah mendengar yang namanya PCOS atau mungkin belum pernah mendengarnya? Kali ini kami akan membahas dan mari kita kenali PCOS gangguan hormonal pada wanita, gejala, dan penyebabnya. Karena sekarang ini sedang booming dan banyak para wanita mencari tau apa itu PCOS simak berikut ini :

Hal ini dikarenakan salah satu gangguan hormonal pada wanita yang akan dapat memicu kesuburan, pada kondisi ini yang cukup memprihatikan adalah susahnya anda bisa mempunyai keturunan atau hamil. Lalu apa lebih jelasnya lagi itu PCOS? PCOS adalah kependekan dari Polycystic Ovary Syndrome atau yang dalam bahasa Indonesia adalah gangguan yang terjadi pada sindrom ovarium polikistik. Yakni sebuah kondisi dimana keseimbangan hormon pada wanita mengalami gangguan. Pada PCOS, kadar hormon seks wanita, yakni hormon esterogen dan hormon progesteron tidak ada dalam kadar yang seimbang.

Pada umumnya yang dialami penderita memiliki kista kecil yaitu berupa kantung berisi cairan di ovariumnya, dimana kondisi ini akan dapat mempengaruhi volume dari ovarium menjadi membesar. Kista yang muncul pada kondisi ini bukanlah kondisi yang berbahaya, akan tetapi hal ini akan mungkin dapat berpengaruh terhadap ketidakseimbangan hormon didalam tubuh. Dimana perubahan yang terjadi pada satu hormon akan dapat memicu perubahan pada bagian hormon lainnya. Dan ini bisa membuat wanita mengalami stress atau mungkin tertekan.

Namun tidak perlu khawatir pada kondisi PCOS perlu segera di tanganin, karena jika tidak di tanganin maka akan memberikan kondisi yang lebih parah. Penyakit yang timbul jika tidak di antisipasi diabetes mellitus tipe 2 dan juga resiko penyakit jantung yang lebih besar. Jangan menganggap remeh segera periksakan kedokter, karena di butuhkan penanganan khusus.

Demi mengantisipasi mari simak dan cari tau penyebab dari PCOS apa? Sebenarnya hingga sampai saat ini belum ada penyebab yang dianggap pasti sebagai pemicu kondisi PCOS dapat terjadi pada seorang wanita. Akan tetapi, beberapa faktor dibawah ini mungkin dapat memicu kondisi sindrom ovarium polikistik dapat muncul pada seorang wanita :

  • Keturunan

Tidak bisa dijauhkan factor genetic dan keturunan menjadi salah satu sebabnya seseorang mengalami penyakit, ketika anda mempunyai ibu atau saudara perempuan yang sebelumnya mengindap kondisi serupa, maka kemungkinan anda akan mengalami penyakit serupa.

  • Kelebihan insulin

Ini juga salah satu yaitu adanya kadar insulin didalam tubuh yang terlalu banyak. Ini menyebabkan kondisi ini membuat prankeas akan mengeluarkan insulin lebih banyak untuk menyediakan glukosa untuk sel di dalam tubuh anda. Perlu diketahui, kelebihan insulin dalam tubuh akan dapat berpengaruh terhadap kesehatan sel telur dan dapat membuat produksi androgen dalam tubuh menjadi meningkat.

  • Peradangan dengan skala rendah

Pada persoalan ini peradangan dapat terjadi menstimulasi bagian ovarium polikistik untuk menghasilkan androgen. Dan ini mengalami kelebihan menyebabkan yang namanya PCOS akan tetapi pada penderita PCOS hormone yang satu ini berlebihan kadarnya.

Jika ada orang-orang terdekat anda mengalami hal tersebut sebaiknya anda memberikan saran untuk segera konsultasikan ke dokter. Apa saja tanda dan gejala PCOS, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sehingga ketika anda mencari tau anda bisa tau kondisi ini dapat di atasi.

  • Pertama periode mens yang tidak teratur
  • Jerawat berlebihan
  • Kelebihan rambut pada wajah dan tubuh
  • Kenaikan berat badan belebihan

Jadi ini beberapa informasi yang bisa ibu dan wanita antisipasi agar tidak terjadi penyakit PCOS yang tidak diingikan. Jaga selalu kesehatan tubuh kita mulai dari hal yang kecil hingga bisa memberikan hal-hal besar kepada banyak orang.

Reply