Kenali Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Kenali Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Untuk anda ibu hamil yang baru pertama kali mengandung ada beberapa yang memang sudah mengetahui tanda-tanda melahirkan sudah dekat, namun ada beberapa ibu yang memang masih cemas tentang hal ini. Pertanyaan yang sering muncul bagaimana saya bisa tahu kalau melahirkan sudah dekat? Dan di artikel kali ini kami akan membahasnya apa saja tanda-tanda yang harus dikenali dan wajib di waspadai.

  1. Bayi sudah berada di bawah/merosot turun

Sekitar 1-4 minggu sebelum persalinan dimulai anda akan merasakan poisi bayi didalam kandungan merosot atau turun ke panggul. Ini berarti bayi sedang mengatur ulang tubuhnya dari posisi kepala di bawah dalam persiapan untuk kelahirannya. Ketika bayi berada pada poisis yang lebih rendah maka ini akan meringankan tekanan pada diafragma ibu sehingga lebih mudah untuk bernafas. Namun yang dikenal dengan pengenduran ini bayi juga menempatkan lebih banyak tekanan sehingga ibu akan merasakan bolak-balik kamar mandi alias sering buang air kecil. Ini akan terjadi pada detik-detik menjelang persalinan di mulai.

  1. Leher rahim membuka

Sementara tubuh akan mempersiapkan untuk kelahiran buah hati anda. Nah tanda melahirkan sudah dekat lainnya mulai dengan leher rahim melar dan menipis pada minggu-minggu atau pada beberapa hari terakhir sebelum persalinan. Di saat anda melakukan check up ke dokter akan dilakukan pemeriksaan untuk melihat apakah leher rahim sudah teregang untuk menyambut kelahiran atau belum. Leher rahim tidak akan membesar sepenuhnya dengan waktu yang cepat kecuali diikuti oleh kontraksi rahim yang lebih teratur.

  1. Kram perut dan nyeri punggung yang semakin parah

Jika tanda-tanda menjelang melahirkan menjelang persalinan. Anda akan merasakan tekanan atau kram di daerah panggul dan dubur. Atau mungkin anda akan merasakan nyeri di area paha dan punggung bawah, terutama jika ini merupakan kehamilan pertama anda. Otot dan sendi tubuh akan semakin meregang dan bergeser sebagai persiapan kelahirannya.

  1. Diare dan muntah

Hormone yang diproduksi oleh tubuh anda akan memudahkan kelahiran bayi anda, dapat merangsang usus anda untuk bergerak lebih sering sehingga mengakibatkan anda rutin sekali bolak baik kamar mandi karena mutah dan diare yang tidak bisa ditahan. Ini akan menggangu namun ini reaksi alami dan wajar terjadi ibu harus bersabar. Dorongan buang air besarpun juga terjadi. bagaimana cara menanganinya anda harus menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan cara banyak minum cairan air mineral.

  1. Turunnya berat badan

Menjelang di akhir kehamilan peningkatan berat badan akan berhenti dan akan berganti menjadi berat badan akan stabil atau bahkan mulai kehilangan berat badan. Tidak perlu khawatir hal ini normal terjadi dan tidak perlu banyak dicemaskan karena ini tidak berpengaruh pada berat badan bayi saat lahir. Akan turun berapa kilo dari pengurangan cairan ketuban dan ini mengakibatkan anda suka bolak baik ke kamar mandi.

  1. Akan lebih sering merasakan lelah dan sering tidur siang

Perut yang semakin membesar dan membuat system pencernaan yang semakin berantakan dan dapat membuat anda sulit tidur nyenyak di malam hari. Sehingga anda akan lebih sering tidur disiang hari walaupun hanya 1jam/2jam itu sudah cukup buat ibu hamil. namun pada nyatanya ada juga beberapa ibu yang tidak mengalami ini justru ibu sangat rajin membersihkan rumah dan merapihkan segalanya ini boleh dilakukan asalkan tidak dilakukan dengan berlebihan dan harus tetap pada porsinya.

  1. Cairan keputihan yang kental dan berwarna kemerahan

Ini akan terjadi dan keluarnya cairan vagina seperti keputihan. Cenderung lebih kental dan berwarna merah mudah, kemerahan atau kecoklatan. Ini disebabkan oleh pelepasan lendir penyumbat leher rahim selama kehamilan. Sumbatan akan mengendur mengikuti semakin longgarnya leher rahim yang terjadi selama tahap pertama persalinan. Jika terjadi pendarahan berat ini terjadi seperti menstruasi dan ini menandakan bahwa anda msalah segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih.

  1. Air ketuban pecah

Ini adalah salah satu tanda pasti bahwa anda sudah harus melahirkan dan ini sudah dekat waktunya. Sekitar 15-20% wanita hamil yang mengalami pecahnya ketuban sebelum persalinan dimulai. Cairan ketuban akan bocor layaknya seperti tetesan anda bisa gunakan pembalut untuk mengatasinya atau hubungi dokter jika ketuban anda semakin deras keluar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat anda jadikan wawasan informasi lebih banyak lagi dan jangan lupa berbagi seputar informasi artikel ini kepada banyak orang. Semangat ya bunda melewati proses persalinan yang ditunggu-tunggu.

Reply