Kenapa Menjelang Persalinan Keputihan Yang Muncul?

Kenapa Menjelang Persalinan Keputihan Yang Muncul?

Sebelumnya selamat jika anda termasuk ibu hamil yang sudah memasuki masa persalinan. Tumbuh kembang anak anda belum berhenti, masih terus berkembang sampai buah hati sudah dilahirkan ke dunia. Nah mendekati persalinan memang ada beberapa tanda atau gejala yang mengindikasikan bahwa waktu persalinan semakin dekat. Seperti yang satu ini yang akan kami bahas menjelang persalinan keputihan muncul, namun ini berbeda dengan keputihan pada biasanya.

Namun ini perlu menjadi catatan, bukan berarti ketika hamil mengeluarkan keputihan atau cairan menandakan bahwa persalinan sudah dekat. Nyatakan ada diantaranya jenis keputihan yang ternyata merupakan infeksi. Keputihan memang normal dialami wanita pada saat-saat tertentu contohnya seperti menjelang datang bulan atau menstruasi, ketika menjelang persalinan, ataupun ketika ada infeksi pada organ intim. Untuk lebih mengerti mengenai cairan yang mirip dengan keputihan, berikut penjelasannya :

  1. Jika persalinan sudah dekat, maka akan keluar cairan atau lebih mirip lendir disertai dengan bercak darah. Pada kondisi yang satu ini biasanya disertai dengan rasa mulas yang dirasakan tidak teratur atau intens. Lama-lama mulas bisa dirasakan setiap 15 menit sekali dan ini berarti waktu persalinan semakin dekat.
  2. Menjelang persalinan keputihan atau cairan bening akan keluar, keluarnya cairan sulit ditahan keluar dengan sendirinya. Tidak dengan keputihan yang kentel dan berlendir namun ini encer. Pada kondisi ini biasanya disertai dengan pecahnya ketuban. Ketuban bisa pecah terlebih dahulu bahkan sebelum mulas dan keluarnya lendir yang bercampur dengan darah.
  3. Keputihan setelah memasuki usia kehamilan 9 bulan bisa menjadi pertanda persalinan sudah dekat. Tanda-tandanya keputihan bercampur darah. Jika keputihan atau landir yang keluar berwarna putih susu, kekuningan, atau keabu-abuan itu harus diwaspadai menjadi pertanda adanya infeksi pada organ intim ibu. Terutama jika keputihan keluar di sertai dengan gatal atau bau yang menyengat.

Untuk itu perlu di ingat tidak semua keputihan yang terjadi masa kehamilan 9 bulan adalah pertanda persalinan sudah dekat. Karena setiap keputihan memiliki ciri masing-masing bagi setiap kondisi. Namun jika keputihan yang dialami cenderung bening dan jumlahnya semakin banyak maka semakin mendekati persalinan dan juga disertai dengan bercak darah. Namun pada masa kehamilan sendiri ibu memang lebih rentan terkena infeksi keputihan terutama karena dadanya perubahan hormonal serta tingkat kelembaban diarea organ intim. Untuk itu sebaiknya memeriksakan kembali jenis keputihan yang keluar. Jika ada tanda infeksi sebaiknya konsultasikan ke dokter. Begitupula saat menjelang persalinan keputihan yang keluar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa anda jadikan pengetahuan yang bermakna.

Reply