Ketahui Ciri-Ciri Air Ketuban Pecah Dan Keluar Mendadak

Ketahui Ciri-Ciri Air Ketuban Pecah Dan Keluar Mendadak

Anda mungkin salah satu yang ibu yang sedang mengandung dan mencari informasi seputar hal tentang ciri-ciri air ketuban pecah yang perlu anda waspadai ketika sudah mau mendekati persalinan. Air ketuban merupakan cairan yang melindungi bayi selama didalam rahim. Bagi wanita yang sebelumnya pernah melahirkan mungkin sudah bisa membedakan antara air ketuban dan cairan lain yang keluar dari vagina. Ketika anda dan suami memutuskan ingin mempunyai keturunan tentu disitu anda sangat diperlukan yang namanya pengetahuan seputar air ketuban untuk membedakan dengan cairan lain.

Air ketuban pecah merupakan penanda bahwa anda akan segera melahirkan. Simak berikut ini cirri-ciri air ketuban yang pecah :

  1. Terdapat cairan yang merembes dari vagina

Ini merupakan salah satu cirri air ketuban pecah yaitu adanya cairan yang keluar dari dalam vagina dan merembes dan ini tidak bisa ditahan untuk dikeluarkan. Dan ini tidak tentu ada dalam jumlah yang sedikit maupun banyak. Banyak wanita mengabaikan dan tidak menyadari bahwa ini hal serius yang harus dikonsultasikan ke dokter. Gangguan ini pada akhirnya bisa terjadi pada kehamilan. Bahkan jika ketuban merembes diabaikan bisa mengakibatkan hal yang berbahaya bagi janin.

  1. Terasa ada yang pecah

Tanda selanjutnya yang mungkin dirasakan yaitu ada yang pecah meletus. Dan hal ini bisa dirasakan dengan jelas oleh ibu hamil dan biasanya akan merasa kaget. Terkadang sebagian ibu hamil merasa gugup dan gelisah dengan kejadian tersebut. Hal ini sebaiknya jangan disepelekan. Segera lakukan penanganan dengan memeriksakan kehamilan pada dokter spesialis.

  1. Adanya cairan yang menetes dari vagina

Cairan yang keluar dari vagina tidak hanya merembes, akan tetapi menetes. Dan jumlah cairan yang keluar lebih banyak dibandingkan dengan hanya merembes. Dalam hal ini segera lakukan penanganan ke dokter supaya janin didalam kandungan tidak mengalami gangguan.

  1. Cairan tersebut terasa hangat

Setelah merasakan ada gelembung yang pecah maka ibu hamil akan merasakan adanya cairan yang keluar dan terasa hangat. Cairan ini hampir mirip dengan cairan seni.

  1. Merasa tertekan

Ibu hamil akan merasakan air ketuban pecah akan merasakan perasaan tertekan pada bagian perut bawah. Setelah anda merasakan hal tersebut maka akan mengalami kontraksi secara terus menerus. Dan hal ini tidak boleh diabaikan atau disepelekan karena bisa saja membahayakan janin didalam kandungan.

  1. Sakit saat kontraksi

Kontraksi pada umumnya akan dirasakan oleh ibu hamil menjelang persalinan. Namun dalam hal ini kontraksi yang terjadi tidak biasa dan menyebabkan sakit yang luar biasa.

Pastinya pada umumnya wanita akan merasakan panic dan gelisah ketika ketuban pecah dan merembes karena tidak tau apa yang harus dilakukan. Namun anda tetap bersikap tenang  agar bisa melakukan tindakan yang benar. Lalu lakukan dan temui dokter atau medis untuk mendapat penanganan yang lebih baik sehingga baik didalam kandungan tidak mengalami gangguan. Semoga artikel kami bermanfaat ya.

Reply