Ketahuilah Amankah Mengemudi Saat Hamil?

Ketahuilah Amankah Mengemudi Saat Hamil

Ketika anda dan pasangan sedang merasakan kebahagian ternyata diberikan kepercayaan bisa mempunyai keturunan rasanya pasti segala upaya dilakukan demi bisa memberikan yang terbaik bagi janin didalam kandungan. Namun ada hal yang sering dirasakan dan menjadi persoalan ketika anda wanita yang mengemudi kendaraan terutama ini sudah menjadi rutinitas atau keharusan anda mengendari mobil. Setiap wanita mempunyai alasan pastinya dengan menggunakan kendaraan pribadi anda yang pastinya bisa lebih nyaman dan dapat lebih mudah dengan rute sendiri sampai ke tempat tujuan.

Namun walaupun demikian anda yang sering terjebak macet dan harus berlama-lama didalam mobil tidak dapat dihindari lagi. Sehingga beberapa jam anda harus berada didalam kendaraan dengan posisi duduk yang membuat anda pegal pastinya. Mungkin ini berlaku dan tidak menjadi masalah pada sebagian orang namun tidak untuk ibu hamil. Terutama ibu hamil yang sudah di akhir trimester dua dan akan memasuki trimester ketiga berada pada suatu posisi, seperti duduk berlama-lama akan menambah resiko keluhan kehamilan.

Seperti yang akan kami bahas bagaimana dengan ibu hamil yang mengemudi saat sedang mengandung, amankah mengemudi saat hamil? Simak berikut kami akan berikan informasi singkat :

Selama kehamilan ibu hamil memasuki dua fase rawan, yaitu pada awal kehamilan di trimester pertama dan juga pada trimester akhir menjelang persalinan. Pada awal kehamilan janin belum begitu kuat sehingga meningkatkan resiko keguguran sedangkan menjelang persalinan dikhawatirkan air ketuban yang memiliki fungsis sebagai peredam benturan janin berkurang. Begitu juga factor psikis dimana emosi ibu, mood dan stress masih belum bisa di control dan ini sebaiknya jangan mengemudi dikarenakan akan beresiko mengalami kontraksi dan ketika ibu mengemudi dikhawatirkan akan mules dan kejang-kejang.

Jika situasi mengharuskan anda mengemudi fikirkan dan siapkan segalanya mulai dari fikiran, dan fisik. Masing-masing ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda ketika hamil meskipun demikian beberapa kondisi berikut ini harus diperhatikan ketika anda mengemudi saat hamil. Pada awal kehamilan anda sering mengalami morning sickness sehingga pusing yang tidak tertahankan sebaiknya anda jangan mengemudi. Selanjutnya pada saat kaki bengkak, kebanyakan ibu hamil mengalami kaki bengkak atau varises yang disebabkan volume darah didalam tubuh meningkat.

Untuk anda yang akan mengemudi inilah tips yang dapat anda lakukan untuk mengemudi saat hamil :

  1. Hindari kaki yang menggantung karena akan membuat otot perut tertarik dan menimbulkan kontraksi
  2. Hindari kelelahan dan stress saat diperjalanan
  3. Jangan menyelipkan bantal pada perut, anda cukup menggunakan sabuk pengamanan
  4. Anda dapat memiliki sabuk pengaman dengan tiga titik sehingga dapat mengikuti gerakan tubuh anda ketika sedang mengemudi

Hindari jalan yang berlubang sehingga dapat mengurangi guncangan dan pastikan keamanan mobil anda sehingga tidak menghambat perjalanan, tetap berhati dan perhatikan hal-hal yang bisa membahayakan anda dan janin, semangat sampai persalinan ya bunda.

Reply