Lidah Putih Pada Bayi Di Karenakan?

Lidah Putih Pada Bayi Di Karenakan

Tentu semakin bertambahnya hari semakin menambah tumbuh kembang bayi. Semasa buah hati anda tumbuh anda seringkali mengalami perubahan pada tubuhnya. Perubahan yang terjadi seringkali membuat orang tua cemas, dan ini dikhawatirkan akan menyebabkan pertumbuhan abnormal. Sama seperti yang akan kita bahas kali ini anda mengamati perubahan warna pada bagian lidah bayi anda. Lidah putih pada bayi dikarenakan? Lalu apakah bahaya warna putih pada lidah bayi?

Namun anda tidak perlu khawatir karena kami disini mencoba membantu mencari tau apa penyebabnya. Pada rongga mulut bayi yang kering hingga menyebar menjadi lapiran berwarna putih tidak terlalu berbahaya akan tetapi apabila dibiarkan dapat menggangu proses pemberian ASI. Nah salah satu penyebab terjadinya bercak putih yaitu infeksi yang ditimbulkan oleh jamur candida albicans.

Pada dasarnya infeksi pada lidah bayi ini dapat terjadi dikarenakan rongga mulut dan juga lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu penyebab lainnya terjadi dikarenakan timbulnya peradangan pada bagian payudara ibu yang sedang menyusui. Apabila ibu mengkonsumsi obat antibiotic ketika selesai melahirkan maka peluang terjadinya lidah putih pada bayi semakin besar. Terakhir yaitu kurangnya kebersihan baik ibu atau bayi. Misalkan dalam menyediakan di botol susu kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan tangan pada ibu yang sedang menyusui.

Adapun cara penanganannya sebagai berikut :

  1. Untuk bayi anda setelah selesai mendapatkan ASI, anda dapat membersihkan mulutnya dengan menggunakan air hangat. Pastikan suhunya tidak terlalu panas dan melukai kulit bayi yang masih sensitive. Anda bisa menggunakan kasa steril yang sudah dibasai dengan air hangat kemudian bersihkan pada bagian mulut bayi dengan cara mengusapnya secara halus dan perlahan.
  2. Apabila buah hati anda diberikan empeng, maka rajinlah dalam membersihkan empeng. Kemungkinan bakteri dan jamur yang menempel akan langsung masuk ke dalam mulut.
  3. Untuk buah hati anda yang mendapatkan susu formula tidak ASI maka anda dapat memberikan susu formula apabila berat bayi anda sudah ideal dapat dihentikan pada malam hari dan menggantinya dengan air putih namun jika terjadi penolakan maka anda dapat menggantinya dengan membilasnya dengan air putih.

Jika anda yang kesulitan menghilangkan bercak ptuih pada lidah bayi anda, maka dapat membawanya ke dokter sehingga diberikan obat antijamur untuk bagian mulut bayi yang terinfeksi. Semoga bermanfaat artikel ini ya bunda.

Reply