Makanan Penambah Darah Yang Mudah Dicari

Makanan Penambah Darah Yang Mudah Dicari

Setiap orang pernah pasti yang namanya mengalami anemia atau kekurangan darah dan ini disebabkan dari jumlah sel darah merah yang menurun. Jika sel darah merah didalam tubuh anda kurang maka proses transportasi oksigen serta karbondioksida dalam tubuh menjadi terpengaruh. Nah inilah mengapa anda mengalami kekurangan darah/anemia.

Masih banyak sekali orang yang menganggap kurang darah atau anemia adalah hal yang wajar dan tidak perlu mendapatkan perhatian khusus. Semua penyakit jangan pernah dianggap sepele ya karena setiap penyakit apapun itu harus disembuhkan. Mari kenali dahulu ciri-ciri atau gejala kurang darah yang biasa di sebut dengan anemia sebagai berikut ini :

  1. Cepat merasakan lelah

Ini merupakan salah satu ciri pertama anda akan merasakan cepat lelah, lemas, lesu, letih, lunglai dan lalai ini merupakan gejala umum yang biasa dirasakan seorang yang terkena anemia. Keadaan ini disebabkan karena fungsi sel darah merah untuk membawa oksigen terganggu. Sel dalam tubuh anda mengalami metabolisme yang tidak sehat, sehingga penderita akan mengalami kelelahan. Tentu ini sangat menggangu bukan? Untuk itu jangan dianggap sepele ya.

  1. Sakit kepala dan pusing

Ciri-ciri kedua dari anemia pusing dan sakit kepala yang dialami dan akan sering kambuh pada posisi berdiri terlalu lama. Kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. Secara otak sangat berpengaruh penting jika anda kekurangan oksigen. Respon yang akan diberikan oleh otak yaitu rasa sakit kepala dan rasa pusing. Bahkan pandangan disertai dengan kunang-kunang.

  1. Pucat

Pada penderita anemia lainnya akan mengalami perubahan yaitu pucat. Keadaan ini bisa anda lihat pada telapak tangan, mata dan ujung jari penderita. Jika penderita anemia yang cukup serius maka telapak tangan dan ujung jarinya sangat pucat. Penderita biasanya akan sering mengeluh dan merasakan mata dan kulitnya berbeda menjadi kuning.

  1. Napsu makan berkurang

Karena kondisi tubuh yang lemas maka menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan, dan mengakibatkan kondisinya menurun dan semakin parah. Adapula ciri anemia lainnya seperti jantung berdebar tanpa sebab yang jelas, sering mengalami kesemutan pada tangan dan kaki, sulit berkonsentrasi dan kesulitan tidur/mengalami insomnia.

Makanan penambah darah yang mudah dicari dan tidak membutuhkan waktu yang lama, simak berikut ini :

  1. Makanan kaya akan zat besi

Makanan dengan kaya akan zat besi berperan untuk membantu menambah darah sehingga anemia yang dialami dapat teratasi. Makanan yang tinggi akan zat besi yaitu sayuran yang memiliki daun hijau seperti bayam, kangkung, kacang-kacangan, kuning telur dan kismis kering.

  1. Makanan kaya akan vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran untuk memproduksi sel darah merah pada sumsum tulang belakang dan untuk sintetis DN. Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin B12 maka akan berakibat mengalami kurang darah. Untuk itu penderita membutuhkan makanan penambah darah yang kaya akan vitamin B-12 yang bisa diperoleh dari daging merah, ikan, hati sapi, telur, susu, sereal, produk susu, dan lain sebagainya.

  1. Makanan kaya asam folat

Asam folat dikenal sebagai vitamin B9, yaitu vitamin B kompleks yang berperan untuk membantu tubuh dalam membuat sel darah merah baru. Jika anda kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia. Makanan yang dapat diperoleh dengan mengandung asam folat yaitu roti, sereal, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, kacang polong, kacang kering, dan kacang-kacangan lainnya.

  1. Makanan dengan protein tinggi

Sel dalam tubuh tentu membutuhkan protein sebagai bahan utama untuk produksinya, termasuk sel darah merah. Bagi penderita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Makanan yang menjadi sumber protein bisa anda dapatkan did aging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Itu dia beberapa rangkuman apa saja makanan penambah darah yang memang dibutuhkan bagi penderita anemia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda.

Reply